PENERAPAN KEGIATAN ORIGAMI DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B2 DI TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

PRISMA EMIE HARA, NIM: 14430019 (2019) PENERAPAN KEGIATAN ORIGAMI DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B2 DI TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN KEGIATAN ORIGAMI DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B2 DI TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14430019_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN KEGIATAN ORIGAMI DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B2 DI TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14430019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Prisma Emie Hara. “Penerapam Kegiatan Origami dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Kelompok B2 di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui perkembangan motorik halus kelompok B2 di TK Nurul Ummah sebelum dilaksanakan kegiatan origami. (2) Mengetahui penerapan kegiatan origami dalam membentuk keterampilan motorik halus pada anak kelompok B2 di TK Nurul Ummah. (3) Mengetahui hasil penerapan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B2 setelah dilakukan kegiatan origami di TK Nurul Ummah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif yaitu peneliti bekerjasama dengan guru kelas dalam melaksanakan pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B2 di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta yang berjumlah 14 anak sedangkan obyek penelitian adalah kegiatan origami dalam meningkatkan motorik halus. Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Yang mempunyai empat komponen meliputi planning, acting, observing dan refleting. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen RPPH dan lembar observasi dalam bentuk cheklist. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kondisi sebelum dilakukan tindakan mendapatkan persentase sebesar 51,8%, (2) penerapan kegiatan origami dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tiga kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Langkah awal penerapan kegiatan origami, peneliti menyediakan contoh langkah-langkah melipat dan menempelnya di papan tulis. Kemudian didemonstrasikan bersama-sama. Setelah itu peneliti membagikan lagi kertas origami dan anak melipat lagi sama seperti sebelumnya, namun tanpa arahan dari guru (3) penerapan kegiatan origami setelah dilakukan tindakan meningkat pada siklus I sebesar 72,6% dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II sebesar 83,9%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kegiatan origami mampu meningkatkan motorik halus anak kelompok B2 di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Anak mampu melipat kertas dengan rapi, mandiri dalam mengerjakan kegiatan dan mampu mengerjakan kegiatan sesuai dengan waktunya. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil karena persentase yang dicapai sudah mencapai indikator yang telah ditentukan. Kata kunci: Motorik halus, kegiatan origami dan anak kelompok B2

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motorik halus, kegiatan origami dan anak kelompok B2
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2020 10:00
Last Modified: 13 Mar 2020 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36204

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum