IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TARI KREASI INDANG (DINDIN BADINDIN) UNTUK MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK A2 TK ABA JANTURAN YOGYAKARTA

Ellen Tinoko Ranti, NIM: 15430019 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TARI KREASI INDANG (DINDIN BADINDIN) UNTUK MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK A2 TK ABA JANTURAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TARI KREASI INDANG (DINDIN BADINDIN) UNTUK MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK A2 TK ABA JANTURAN YOGYAKARTA)
15430019_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TARI KREASI INDANG (DINDIN BADINDIN) UNTUK MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK A2 TK ABA JANTURAN YOGYAKARTA)
15430019_BAB II_III_ IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ellen Tinoko Ranti. Implementasi Pembelajaran Tari Kreasi Indang (Dindin Badindin) untuk Membentuk Kemandirian Anak Kelompok A2 TK ABA Janturan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah mengingat betapa pentingnya kemandirian pada diri anak dibentuk sejak sedini mungkin. Masa anak-anak adalah masa golden age dimana para orangtua dan guru dapat menanamkan segala bekal untuk kehidupannya kelak, terutama kemandirian. Anak akan mandiri bila mulai diajarkan kemandirian oleh keluarganya dan inilah yang menyebabkan tingkat kemandirian seorang anak berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Selain dari keluarga, kemandirian juga bisa dibentuk dari dilaksanakannya kegiatan tari. Tari yang diangkat peneliti untuk membentuk kemandirian anak adalah tari indang (dindin badindin). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran tari kreasi indang (dindin badindin) untuk membentuk kemandirian anak A2 di TK ABA Janturan Yogyakarta dan untuk mengetahui apa saja dampak dari implementasi pembelajaraan tari kreasi indang (dindin badindin) dalam membentuk kemandirian anak A2 di TK ABA Janturan Yogyakarta. Dalam tari indang (dindin badindin) ini terdapat beberapa gerakan dimana jika kita teliti gerakan ini dapat menstimulus anak untuk membentuk kemandirian di dalam dirinya. Jenis penelitian yakni deksriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelompok A2, guru tari TK ABA Janturan Yogyakarta dan anak-anak kelompok A2. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran tari kreasi indang (dindin badindin) untuk membentuk kemandirian sanak TK ABA Janturan Yogyakarta sesuai dengan harapan, hal ini terlihat anakanak sudah mampu mengerjakan segala tugas dan tanggung jawabnya sendiri tanpa dibantu. (2) Dampak dari implementasi pembelajaran tari kreasi indang (dindin badindin) untuk membentuk kemandirian anak kelompok A2 TK ABA Janturan Yogyakarta berdampak baik pada terbentuknya kemandirian anak hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator kemandirian anak kelompok A2 atau anak usia 4-5 tahun di TK ABA Janturan Yogyakarta berdasarkan STPPA yang mengacu pada kurikulum 2013. Kata Kunci: Tari Kreasi, Indang (Dindin Badindin), Kemandirian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Tari Kreasi, Indang (Dindin Badindin), Kemandirian
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2020 13:04
Last Modified: 13 Mar 2020 13:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36211

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum