PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MUTHOLA’AH DI MA IBNUL QOYYIM PUTERI KELAS TAKHASUS TAHUN AJARAN 2018/2019 (Ditinjau dari segi kemampuan tarjamah)

Dewi Nuraeni, NIM: 15420003 (2019) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MUTHOLA’AH DI MA IBNUL QOYYIM PUTERI KELAS TAKHASUS TAHUN AJARAN 2018/2019 (Ditinjau dari segi kemampuan tarjamah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MUTHOLA’AH DI MA IBNUL QOYYIM PUTERI KELAS TAKHASUS TAHUN AJARAN 2018/2019 (Ditinjau dari segi kemampuan tarjamah))
15420003_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MUTHOLA’AH DI MA IBNUL QOYYIM PUTERI KELAS TAKHASUS TAHUN AJARAN 2018/2019 (Ditinjau dari segi kemampuan tarjamah))
15420003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dewi Nuraeni. 15420003. Pelaksanaan Pembelajaran Muthola’ah di Kelas Takhasus MA Ibnul Qoyyim Putri Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang dari penelitian ini adalah kemampuan membaca dan menerjemah serta kurangnya memanfaatkan metode pembelajaran yang menarik salah satunya dengan gramatika tarjamah, karena dalam pembelajaran muthola’ah ini memerlukan keterampilan membaca dengan cermat dan untuk memahaminya didukung oleh metode pembelajaran tarjamah dengan tujuan santri mampu memahami makna yang terkandung dalam teks pelajaran muthola’ah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran muthola’ah di kelas takhasus dilihat dari peran pentingnya menjadi mata pelajaran di kelas serta hasil tes kemampuan tarjamah yang dimiliki oleh santri takhasus guna menjadi bahan acuan baru bagi guru mata pelajaran muthola’ah di MA Ibnul Qoyyim Putri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Jumlah santri yang mengikuti tes tarjamah sejumlah 18 orang sesuai dengan jumlah mereka di kelas takhasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa mata pelajaran muthola’ah di kelas takhasus bagi para santri ialah, memberikan kontribusi lebih bahwa dengan adanya pembelajaran muthola’ah bisa meningkatkan pemahaman santri terhadap pembelajaran bahasa Arab, menambah kosa kata sebagai bekal untuk memasuki kelas selanjutnya yang lebih tinggi. Keterampilan yang tercapai dengan adanya pembelajaran muthola’ah antara lain keterampilan berbicara, mendengarkan, dan menulis. Ditinjau dari segi kemampuan tarjamah, pada mata pelajaran muthola’ah ini memang memberikan kesimpulan bahwa walaupun guru pada saat menerjemahkan sering kali menerjemahkan dari Arab ke Arab, akan tetapi santri mampu menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan jenis tarjamah lafzhiyah dan tahdluriyah dari tiga kali tes tulis tarjamah dengan bobot lembar soal tarjamah yang berbeda dan meningkat dari pertemuan ke pertemuan,kemudian mencapai nilai rata-rata kelas 95,2. Untuk tarjamah fauriyah yakni tarjamah langsung secara lisan santri takhasus mencapai nilai rata-rata kelas 82,8. Kata kunci : muthola’ah, tarjamah, MA Ibnul Qoyyim Putri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Adzfar Ammar, MA.
Uncontrolled Keywords: muthola’ah, tarjamah, MA Ibnul Qoyyim Putri.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2020 13:05
Last Modified: 13 Mar 2020 13:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36221

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum