PENGEMBANGAN KAMUS ARAB-INDONESIA SEBAGAI PENUNJANG PENGGUNAAN BUKU AJAR MADRASAH TSANAWIYAH DI KELAS VIII MTs YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Nabilah Ulfah, NIM: 15420004 (2019) PENGEMBANGAN KAMUS ARAB-INDONESIA SEBAGAI PENUNJANG PENGGUNAAN BUKU AJAR MADRASAH TSANAWIYAH DI KELAS VIII MTs YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KAMUS ARAB-INDONESIA SEBAGAI PENUNJANG PENGGUNAAN BUKU AJAR MADRASAH TSANAWIYAH DI KELAS VIII MTs YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420004_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KAMUS ARAB-INDONESIA SEBAGAI PENUNJANG PENGGUNAAN BUKU AJAR MADRASAH TSANAWIYAH DI KELAS VIII MTs YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420004_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Nabilah Ulfah, Pengembangan Kamus Arab-Indonesia Sebagai Penunjang Penggunaan Buku Ajar Madrasah Tsanawiyah di Kelas VIII MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa kamus Arab-Indonesia untuk MTs kelas 8 sebagai penunjang penggunaan buku ajar. Dilengkapi dengan informasi fi’il madhi, fi’il mudhari’, dan mashdar untuk kata yang berbentuk kata kerja dan untuk kata benda dilengkapi dengan bentuk tunggal dan pluralnya. Model penelitian yang digunakan yakni model Research and Development. Metode pengumpulan data berupa non tes dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian, dan lembar respon guru dan siswa pada uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Hasil dari penelitian ini adalah (1) telah berhasil mengembangkan produk kamus Arab-Indonesia untuk MTs kelas 8, (2) berdasarkan penilaian para ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media dan guru bahasa arab, kamus ini memiliki kualitas sangat baik (SB), (3) berdasarkan ujicoba skala kecil respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan adalah setuju (S) dan pada uji coba skala besar respon siswa terhadap kamus ini adalah sangat setuju (SS). Kata kunci: Buku Ajar, Kamus Arab-Indonesia, Pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I,
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar, Kamus Arab-Indonesia, Pengembangan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2020 13:05
Last Modified: 13 Mar 2020 13:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36223

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum