EQUILIBRIUM SOSIAL DALAM PROSES REDUKSI KONFLIK INTERNAL MUHAMMADIYAH DI DAERAH SATELIT SUB-URBAN (STUDI KASUS DI DESA NITIKAN KECAMATAN UMBULHARJO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA) PERIODE 1995-2005

ARWAN SUSANTO, NIM. 01540723 (2006) EQUILIBRIUM SOSIAL DALAM PROSES REDUKSI KONFLIK INTERNAL MUHAMMADIYAH DI DAERAH SATELIT SUB-URBAN (STUDI KASUS DI DESA NITIKAN KECAMATAN UMBULHARJO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA) PERIODE 1995-2005. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EQUILIBRIUM SOSIAL DALAM PROSES REDUKSI KONFLIK INTERNAL MUHAMMADIYAH DI DAERAH SATELIT SUB-URBAN (STUDI KASUS DI DESA NITIKAN KECAMATAN UMBULHARJO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA) PERIODE 1995-2005)
01540723 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EQUILIBRIUM SOSIAL DALAM PROSES REDUKSI KONFLIK INTERNAL MUHAMMADIYAH DI DAERAH SATELIT SUB-URBAN (STUDI KASUS DI DESA NITIKAN KECAMATAN UMBULHARJO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA) PERIODE 1995-2005)
01540723 BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Interaksi sosial adalah suatu kewajiban yang dilaksanakan oleh seorang individu maupun kelompok untuk melaksanakan proses sosial yang baik. Proses sosial yang terjadi pada individu maupun kelompok sangat dekat dengan adanya suatu gejala sosial yang terjadi dari hasil interaksi sosial tersebut. Gejala-gejala sosial tersebut timbul dari perbedaan cara pelaksanaan dalam proses sosial dari masing-masing individu maupun kelompok. Berhubungan dengan itu terkadang perbedaan tersebut menimbulkan konflik yang tidak jarang akan menjadi perpecahan tali persaudaraan, baik persaudaraan sesama individu maupun persaudaraan dalam lingkup antar kelompok. Oleh karena itu skripsi ini mengungkapkan proses sosial di daerah sub-urban yaitu Nitikan Kelurahan Sorosutan Kecamatan Umbulharjo Dacrah lstimewa Yogyakarta dan akan menyoroti proses reduksi konflik internal di daerah satelit sub-urban tersebut. Proses reduksi konflik internal di daerah satelit sub-urban menimbulkan konflik yang dialami individu atau kelompok yang ada. Hal tersebut terlihat bahwa keyakinan antar individu tidak sama yang diikuti adanya perbedaan cara berinteraksi dalam kehidupan bermasyarakat. Suatu proses sosial tidak langsung dapat diterima dan dilaksanakan oleh indivudu ataupun kelompok sehingga interaksi yang terlaksana dapat menimbulkan suatu konflik di daerah satelit sub urban. Penelitian ini mempakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di Nitikan Kelurahan Sorosutan Kecamatan Umbulhaljo Daerah istimewa Yogyakarta. Guna melihat realita tentang konflik internal di daerah sub-urban dan melihat bagaimana dalam berinteraksi sosial dari individu maupun kelompok, maka peneliti menggunakan metode observasi dan wawancara yang menggunakan pendekatan sosiologis. Melalui pelaksanaan penelitian ini, diketahui bahwa interaksi sosial di daerah sub-urban akan semakin terbuka dan luas apabila masyarakat dapat memposisikan diri adanya persoalan-persoalan yang ada didaerah sub-urban. Selain itu harus dapat mengetahu situasi dan kondisi lingkungan eli daerah sub urban tersebut demi tercapainya suatu keseimbangan (equilibrium) dan mewujudkan proses sosial yang harmonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Subagyo, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: equilibrium social, reduksi konflik, internal muhammadiyah
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Aug 2019 15:48
Last Modified: 08 Aug 2019 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36261

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum