Al Af'al Al Kalamiyyat Al Injaziyyat Al Ta'biriyyah Lial Shakhs Al Ra'isiy Fi Al Riwayat Al Shakadz Li Najib Mahfudh (dirasah Tahliliyyah Tadawuliyyah)

Muharom Pratama Yuliansah, NIM. 13110042 (2019) Al Af'al Al Kalamiyyat Al Injaziyyat Al Ta'biriyyah Lial Shakhs Al Ra'isiy Fi Al Riwayat Al Shakadz Li Najib Mahfudh (dirasah Tahliliyyah Tadawuliyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Af'al Al Kalamiyyat Al Injaziyyat Al Ta'biriyyah Lial Shakhs Al Ra'isiy Fi Al Riwayat Al Shakadz Li Najib Mahfudh (dirasah Tahliliyyah Tadawuliyyah))
13110042_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Al Af'al Al Kalamiyyat Al Injaziyyat Al Ta'biriyyah Lial Shakhs Al Ra'isiy Fi Al Riwayat Al Shakadz Li Najib Mahfudh (dirasah Tahliliyyah Tadawuliyyah))
13110042_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Di antara jenis-jenis tindak tutur yang dikemukakan oleh Searle ialah tindak tutur ilokusi, yang dikategorikannya ke dalam beberapa fungsi tuturan. Dalam kajian tindak tutur, khususnya tindak tutur ilokusi tidak dapat dipisahkan antara pembahasan mengenai penutur dan mitra tutur serta konteks tuturan keduanya. Penelitian ini membahas mengenai bentuk-bentuk tindak tutur ilokusi ekspresif dan fungsifungsinya yang digunakan oleh tokoh utama dalam novel “al-Syahadz” karya Najib Mahfudz dengan menggunakan teori tindak tutur yang dikemukakan oleh Searle. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pustaka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dengan lanjutan teknik sadap bebas libat cakap. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan ekstra lingual dan teknik penyajian analisis data menggunakan metode informal. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa tokoh utama sering menggunakan bentuk tuturan ekspresif langsung terutama untuk mengeluh. Selain itu juga, terdapat tuturan langsung untuk memuji, mengecam, mengekspresikan rasa bahagia, terkejut, membenci, cemas, keraguan, memberi selamat, bersyukur. Namun tuturan tersebut tidak sebanyak untuk mengeluh. Selain itu, tokoh utama dalam novel ini juga menggunakan bentuk tindak tutur ekspresif tidak langsung untuk mengeluh yang jumlahnya hanya satu tuturan. Selain itu juga dalam tuturan ekspresif tokoh utama memiliki fungsi untuk mengeluh, memuji, mengecam, mengekspresikan rasa bahagia, berbohong, terkejut, membenci, cemas, keraguan, memberi selamat, bersyukur, jengkel, menyesal, bersedih, dan meminta maaf. Di antara fungsi yang terdapat pada tuturan tokoh utama, fungsi untuk mengeluh merupakan fungsi tuturan terbanyak. Dari penggunaan bentuk tindak tutur ekspresif, tokoh utama dalam novel ini termasuk orang yang memiliki kepribadian terbuka (ekstrovert) hal ini tampak dari penggunaan tindak tutur ekspresif langsung yang mendominasi tuturan tokoh utama. Kata kunci: tindak tutur, ilokusi ekspresif, pragmatik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ening Herniti, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: tindak tutur, ilokusi ekspresif, pragmatik
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Aug 2019 10:26
Last Modified: 16 Aug 2019 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36356

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum