PERSEPSI KEBERAGAMAAN ANAK PENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB / (Analisis Filsafat Etika Islam)

ENY RAHMAWATI, NIM. 99512957 (2006) PERSEPSI KEBERAGAMAAN ANAK PENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB / (Analisis Filsafat Etika Islam). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI KEBERAGAMAAN ANAK PENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB / (Analisis Filsafat Etika Islam))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI KEBERAGAMAAN ANAK PENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB / (Analisis Filsafat Etika Islam))
BAB II, III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Ada semacam kekhawatiran yang meliputi pemikiran sebagian besar pemerhati moralitas, sehubungan tidak sedikit program yang ditayangkan di televisi sesungguhnya tidak layak untuk dikonsumsi terutama oleh anak-anak Islam, termasuk film-film yang kini banyak digemari anak-anak di seantero dunia.Film kartun SpongeBob merupakan salah satu produk yang saat ini menjadi santapan 283,5 juta rumah tangga di 157 negara di dunia. 125,6 juta di antaranya (44,3 %) ada di kawasan Asia-Pasifik. Di Indonesia, produk ini dinikmati oleh 17 j uta rumah tangga. Menyadari potensi televisi sebagai media yang dapat menyampaikan pesan-pesan pendidikan secara efektif dan mampu mempengaruhi persepsi seseorang, penulis memandang film SpongeBob merupakan obyek studi yang menarik untuk diteliti sebab berhubungan erat dengan pembentukan persepsi yang berpotensi mengarah pada 1ahirnya nilai-nilai etis baru yang penulis anggap kontradiksi dengan niliai-nilai etika Islam. Permasalahan yang penulis angkat adalah: p ertama, Apakah pengaruh yang ditimbulkan dari nonton film kartun SpongeBob Squarepants terhadap persepsi keberagamaan anak usia seko1ah dasar di Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta ? Dan kedua, bagaimana hubungan persepsi keberagamaan anak usia sekolah dasar di Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta pasca menonton film kartun SpongeBob dengan dengan nilai-nilai etika islam? Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode, yaitu kuesioner (angket), interview, dokumentasi dan metode analisis deskripsi. Kemudian hasil analisis statistik itu direview menurut pendapat filsafat etika Islam dengan pendekatan library research , karena penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunju kkan bahwa aktivitas menonton film kartun SpongeBob memiliki pengaruh yang signifikan positifterhadap persepsi keberagamaan anak usia sekolah dasar kelas 1-3 di Kecamatan Umbulharjo , hal ini terbukti dari temuan penulis bahwa meskipun I 00% percaya akan keberadaan Tuhannya, ternyata kehadiran film kartun SpongeBob telah menambah permasalahan yang dihadapi anak terutama ketika aqidah anak mulai digeser oleh jumlah waktu yang diperlukan untuk menonton film ini. Pada dimensi peribadatan (ritual; praktek agama) atau syari'ah menunjukkan bahwa anak telah kehilangan kedisiplinan dalam menjalankan ritual keagamaan seperti shalat, mengikuti pengajian anak dan lain-lain. Pada dimensi pengamalan atau akhlak, persepsi keberagamaan anak ternyata memiliki kandungan negatif yang perlu diwaspadai , terutama yang berkaitan dengan pemancaran sikap yang terefleksikan pada persepsi sehari-hari . Sebanyak 47.1% dari responden mengakui memiliki kebiasaan setelah bangun tidur langsung menyalakan televisi dan mencari film kartun SpongeBob, 49.3% responden mengakui waktu belajarnya sering tersita. Padahal 33.5% anak, menyadari bahwa aktivitas menonton film kartun SpongeBob terlalu lama merupakan bagian dari sikap menyia-nyiakan waktu yang akan menyebabkannya kerugian. dan I 00% dari mereka merasa takut kepada Allah jika melakukan kesalahan. Pada dimensi pengetahuan atau ilmu ternyata jumlah waktu yang digunakan untuk menonton film ini juga cukup cukup banyak . Efek yang langsung terjadi pada diri anak adalah tidak bertambahnya pengetahu an agama. Sehingga ada kemungkinan yang besar generasi Islam 1ambat 1aun tidak mengenal terhadap agamanya . Sedangkan pada dimensi pengalaman atau penghayatan , meskipun mereka menyadari bahwa banyak menonton film ini adalah sikap menyia-nyiakan waktu , ternyata anak usia sekolah dasar kelas 1-3 di Kecamatan Umbulharjo juga harus diwaspadai , karena malasnya me1aksanakan ibadah shalat, berarti malas pula berdo'a kepada Tuhannya. Jika malas shalat, maka tidak mungkin mereka merasakan adanya kedekatan dengan Tuhannya, padahal shalat adalah satu-satunyajalan yang dapat mendekatkan dirinya dengan Tuhannya. ix

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Basir Solissa, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: KEBERAGAMAAN, PENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB /
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah Filsafat (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Aug 2019 14:46
Last Modified: 19 Aug 2019 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36379

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum