RITUAL MUJAHADAH "PADANG JAGAD" (Studi Living Qur'an; Pada Jami'iyyah Ta'lim Wal Mujahadah Jum'at Pon "Padang Jagad" di Pondok al-Munawwir Krapyak Yogyakarta)

AHMAD SULTON, NIM.03531440 (2007) RITUAL MUJAHADAH "PADANG JAGAD" (Studi Living Qur'an; Pada Jami'iyyah Ta'lim Wal Mujahadah Jum'at Pon "Padang Jagad" di Pondok al-Munawwir Krapyak Yogyakarta). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RITUAL MUJAHADAH "PADANG JAGAD" (Studi Living Qur'an; Pada Jami'iyyah Ta'lim Wal Mujahadah Jum'at Pon "Padang Jagad" di Pondok al-Munawwir Krapyak Yogyakarta))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (RITUAL MUJAHADAH "PADANG JAGAD" (Studi Living Qur'an; Pada Jami'iyyah Ta'lim Wal Mujahadah Jum'at Pon "Padang Jagad" di Pondok al-Munawwir Krapyak Yogyakarta))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena sosial dalam masyarakat Islam lantaran kehadiran al-Qur'an yaitu pada Ritual Mujahadah "Padang Jagad" yang ada di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Melihat bagaimana suatu kelompok mujahadah menyikapi atau mengamalkan al-Qur'an, dengan melakukan pembacaan penggalan ayat atau surat tertentu. Ada tiga permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini, yaitu; ayat tuu surat mana saja yang banyak dipakai dalam ritual mujahadah "padang Jagad" dan komposisi (tahapan/ urutan) pembacaan berikut pentingnya menggunakan ayat atau surat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi pengelolahan data dilakukan dengan mendiskripsikan fenomena yang ada kemudian menganalisa dengan rumusan masalah yang dikemukakan kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian, berbagai macam bentuk pengamalan al-Qur'an dalam masyarakat, sebenarnya memang merupakan fenomena keragaman yang dimilliki oleh masyarakat Islam yang harus diakui dan dihargai keberadaannya. Dari peelitian menunjukan; (l)Ayat atau surat yang banyak digunakan dalam ritual mujahadah adalah kalimat Tauhid (Lii ila-haillallah), surat al-Fatihah, surat al­ Fatihah, Penggalan ayat ke 87 dari surat al-Anbiya', Kemudian ayat 13 dari surat as-$iif, ayat 58 dari surat Yasin, surat al-Ikhlas, Surat al-Falaq, surat An-Niiss, dan ayat Kursykalimat Tauhid, ayat kursy, surat al-Fatihah, al-Ikhlas, ayat 81-82 dari surat al-Isra, dan huruf-huruf muqatta'ah.(2)Komposisi (tahapan/ urutan) ayat atau surat yang digunakan dalam mujahadah ini, diawali hadprah dengan membaca surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Falaq, an-Nass, ayat Kursyi, ayat 81-82 dari surat al-Isra, ayat 58 dari surat Yasin, ayat 13 dari surat As-S.iif kemudian membaca sholawat al-Fiyyah, sholawat Masyisyiah, Sholawat Syekh Mushtofa al-Bakri, dan sholawat Ismul al- 'Arfam, do'a al- 'Asri, al-Asma' al-Hpsna dan JaJJalut, membaca dzikir al-wirdu al-Mubarok, dilanjutkan membaca ar-Riitib dan terakhir membaca do'a.(3)Pentingnya penggunaan ayat atau surat dalam mujahadah ini karena banyaknya keistimewaan dalam al-Qur'an. Hal yang sama juga dituturkan oleh Pengasuh Mujahadah, bahwasannya ayat atau surat dalam mujahadah ini banyak sekali Farfilalmya, contohnya dengan melakukan bacaan (di atas) dapat menentramkan jiwa dan juga bisa menghindarkan dari hasud-hasud orang-orang yang Zplim, tidak itu saja namun juga menghindarkan dari hasud syetan dan jin. Selain itu juga terdapatnya beberapa riwayat yang ditulis oleh Ulama' terdahulu mengenai keutamaan atau Farfilah dari al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Fauzan, M.A
Uncontrolled Keywords: RITUAL MUJAHADAH, PADANG JAGAD
Subjects: Tafsir Hadist
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Aug 2019 09:42
Last Modified: 20 Aug 2019 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36390

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum