PENGARUH TEORI FEMINISME DAN ISLAM DI RIFKA ANNISA WCC DALAM PENDAMPINGAN KORBAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN

ZAINAL ARIFIN, NIM. 00540280 (2007) PENGARUH TEORI FEMINISME DAN ISLAM DI RIFKA ANNISA WCC DALAM PENDAMPINGAN KORBAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TEORI FEMINISME DAN ISLAM DI RIFKA ANNISA WCC DALAM PENDAMPINGAN KORBAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN)
00540280 BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TEORI FEMINISME DAN ISLAM DI RIFKA ANNISA WCC DALAM PENDAMPINGAN KORBAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN)
00540280 BAB II, III,.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kasus kekerasan terhadap perempuan yang banyak terjadi di masyarakat kita. Sejak zaman dahulu sudah ada kasus-kasus kekerasan tersebut. Hanya saja dulu banyak tertutupi oleh system kultural yang menganggap kejadian itu sebagai hal yang lumrah apa adanya. Namun, tidak semua beranggapan semacam itu, khususnya dari kaum feminis yang cenderung menolak kekerasan tersebut yang berbau idiologi. Apalagi sesuai perkembangan zaman yang menempatkan perempuan pada posisi yang seimbang dengan laki-laki. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengungkap kasus-kasus tersebut, dengan mengambil lokasi penelitian di lembaga Rifka Annisa women's Crisis Centre (WCC). Pokok masalah dalam penelitian ini pertama Sejauh mana teori feminisme memberikan pengaruh terhadap Rifka Annisa WCC dalam memandang kekerasan terhadap perempuan pokok masalah yang kedua bagaimana perspektif Islam berpengaruh di Rifka dalam pendampingan korban kekerasan terhadap perempuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskritif kualitatif, yaitu metode yang digunakan terhadap suatu data yang dikumpulkan dari Rifka Annisa kemudian diklasifikasikan dan disusun serta dijelaskan yaitu digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisahpisahkan menurut katagori untuk memperolah kesimpulan yang berdasarkan data Rifka Annisa WCC. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang didasarkan pada data maupun informasi yang bersumber pada Rifka Annisa WCC penelitian itu dilakukan, kemudian ditelaah secara intensif disertai dengan analisis yang jeli dan obyektif setelah data atau informasi dikumpulkan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini Pertama mengunakan teknik wawancara. Kedua Teknik Dokumentasi. Ketiga Teknik Observasi. Keempat teknik Trianggulasi Kesimpulan dari penelitian ini. Pertama teori feminisme liberal berpengaruh pada Rifka dalam visi dan pembentukan program-program. Kedua gagasan feminisme marxis-sosialis berpengaruh pada Rifka pada dataran kerja dimana Rifka mensosialisasikan kepada masyarakat melalui, media, pampletpamplet, iklan-iklan bahwa tidak adanya kelas-keles sosial antara laki-laki dengan perempuan, diharapkan pemahaman terhadap teori ini mempengaruhi mayarakat untuk mengadukan persoalan kekerasan terhadap perempuan. Ketiga feminism radikal menyadarkan Rifka untuk menghapus kekerasan terhadap perempuan Rifka harus melibatkan laki-laki bukan membencinya. Keempat . Perspektif Islam berpengaruh pada Rifka dalam program pendampingan meskipun secara tidak langsung tidak adanya program pendampingan yang berbentuk islami seperti dalam pelayanan konseling psikologi. Rifka berusaha untuk memasukkan ajaran Islam sebagai landasan spiritual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nafilah Abdullah M.Ag
Uncontrolled Keywords: teori feminism, rifka annisa , kekerasan terhadap perempuan
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Aug 2019 11:15
Last Modified: 20 Aug 2019 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36397

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum