MEDIA DAN PEMBENTUKAN KONSUMERISME DI KALANGAN REMAJA PUTRI (KONSTRUKSI GAYA HIDUP REMAJA PUTRI SMU MUHAMADIYAH 4 YOGYAKARTA OLEH MAJALAH KAWANKU)

SARI FATHONAH, NIM. 02541190 (2007) MEDIA DAN PEMBENTUKAN KONSUMERISME DI KALANGAN REMAJA PUTRI (KONSTRUKSI GAYA HIDUP REMAJA PUTRI SMU MUHAMADIYAH 4 YOGYAKARTA OLEH MAJALAH KAWANKU). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEDIA DAN PEMBENTUKAN KONSUMERISME DI KALANGAN REMAJA PUTRI (KONSTRUKSI GAYA HIDUP REMAJA PUTRI SMU MUHAMADIYAH 4 YOGYAKARTA OLEH MAJALAH KAWANKU))
02541190 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MEDIA DAN PEMBENTUKAN KONSUMERISME DI KALANGAN REMAJA PUTRI (KONSTRUKSI GAYA HIDUP REMAJA PUTRI SMU MUHAMADIYAH 4 YOGYAKARTA OLEH MAJALAH KAWANKU))
02541190 BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kecanggihan sistem produk teknologi informasi yang didesain melalui berbagai media (televisi, radio, majalah, intemet dan lain sebagainya) telah melahirkan identitas baru. Semua ini merupakan bentuk manifestasi masyarakat komoditas untuk menjebak manusia dalam satu ruang yang disadarinya sebagai nyata, meskipun sesungguhnya semu atau khayalan belaka. Karena logika yang bermain dalam masyarakat komoditas untuk memproduksi sesuatu bukanlah atas dasar kebutuhan, melainkan atas dasar profit. Melalui kekuatan dan kecanggihan media, masyarakat komoditas telah menyeret para remaja perempuan menjadi obyek yang dapat dijadikan sebagai sasaran konsumen yang loyal. Melihat dari latar belakang diatas, ada dua pertanyaan yang membutuhkan penyelesaian dalam penelitian ini. Yang pertama bagaimana konstruksi pesan media dalam pembentukan konsumerisme terhadap remaja. Kedua, bagamana respon remaja terhadap beredarnya majalah-majalah kawanku dewasa ini Dalam skripsi ini penulis menggunakan teori pertukaran (excange) Homans. Teori pertukaran Homans bertumpu pada asumsi bahwa orang terlibat dalam sebuah prilaku lmtuk memperoleh ganjaran. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil lokasi di SMU Muhamadiyah 4 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif Sumber data diambil dari data primer dan data skunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, interview, dokumentasi dan FGD (focus group discussion). Sampling informan meliputi siswi SMU Muhamadiyah 4 Yogyakarta kelas XI dan XII. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis deduktif Majalah adalah salah satu media yang digemari oleh remaja perempuan untuk menjadi salah satu dasar atau bekal remaja perempuan untuk menuju pendewasaan diri. Para remaja perempuan juga sangat senang membaca majalah, sebagai tolak ukur gaya hidup remaja masa kini. Media berperan rnenjadi bridgehead yang mempromosikan gagasan konsumerisme kepada khalayaknya, media juga menciptakan sebuah gaya hidup yang pada akhimya mempengaruhi para remaja. Kekhawatiran yang muncul dari gaya hidup yang diciptakan media kepada remaja ini adalah prilaku konsumtif dan menganggap bahwa penampilan adalah segala-galanya tanpa memikirkan keadaan, mungkin kekhawatiran itu tidak akan perlu ada bila remaja perempuan memiliki kesadaran yang kuat atas pilihan pilihannya. Dalam penelitian ini ditemukan pada dasarnya para remaja putri di SMU Muhamadiyah 4 Yogyakarta mempuuyai sikap tersendiri akan gaya hidup, tetapi mereka tidak ada pilihan untuk tidak mengikuti tawaran yang selama ini disosialisasikan oleh media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ahmad Mutaqiu, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media, konsumerisme, gaya hidup remaja putri, SMU muhamadiyah 4, majalah kawanku
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Aug 2019 15:52
Last Modified: 22 Aug 2019 15:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36433

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum