PRAKTEK KONSELING PASTORAL Dl GEREJA St. ANTONIUS KOTABARU YOGYAKARTA (Studi atas Peran Pastor sebagai Konselor dalam Konseling Pastoral)

liN SAROH FAIQOH, NIM. 0252 1039 (2006) PRAKTEK KONSELING PASTORAL Dl GEREJA St. ANTONIUS KOTABARU YOGYAKARTA (Studi atas Peran Pastor sebagai Konselor dalam Konseling Pastoral). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTEK KONSELING PASTORAL Dl GEREJA St. ANTONIUS KOTABARU YOGYAKARTA (Studi atas Peran Pastor sebagai Konselor dalam Konseling Pastoral))
BAB I,V DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PRAKTEK KONSELING PASTORAL Dl GEREJA St. ANTONIUS KOTABARU YOGYAKARTA (Studi atas Peran Pastor sebagai Konselor dalam Konseling Pastoral))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Berangkat dari Jatar belakang masalah tentang adanya fakta bahwa para klien lebih banyak memili h datang menemui konselor Pastoral dari pada menemui ahli lainn) a dengan berbagai alasa.n , maka penulis bermaksud untuk melakukan penelitian mengenai bagaimana peran Pastor dalam melaksanakan fungsi-fungsi konseling Pastoral. Skripsi ini berjudul "Praktek Konseling Pastoral di Gereja St. Antonius Kotabaru Yogyakarta (Studi atas Peran Pastor sebagai Konselor dalam Konseling Pastoral) dengan mengajukan rumusan masalah, bagaimana peran pastor sebagai konselor dalam konseling Pastoral di gereja St. Antonius Kotabaru Yogyakarta dan bagaimana praktek konseling Pastoral di gereja St. Antonius Kotabaru . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Pastor sebagai konselor dalam konseling Pastoral dan praktek konseling Pastoral di gereja St. Antonius Kotabaru . Dalam m engumpulkan data, digunakan metode wawancara dan dokumentasi. Pastor selaku konselor dan klien sebagai konseli adalah informan yang memberikan data-data lapangan, sedangkan untuk menganalisis data penulis meng!:;unakan teknik analisis data deskriptif kualitatif Pendekatan yang digunakan adalah pendek atan psikologi agama. Temuan yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa seorang Pastor dalam pandangan masyaraka t Katolik adalah sebagai orang yanr, paling dipercayai . Pastor adalah seorang Imam, Pemimpin rohani dan bahkan wakil Tuhan di bumi . Hal ini menjadikan seorang klien merasa percaya akan tersimpannya rahasia mereka dan solusi apa pun yang diberikan oleb Pastor karena Pastor adalah Wakil Tuhan. Kesimpulan yang diperol eh dari penelitian ini adalah bahwa peran Pastor sebagai konselor dalam konseling Pastoral tidak lepas dari pandangan masyarakat Katolik terhadap snsok seoran g Pastor . Sisi positif dari hal ini adalah bahwa adanya keyakinan terse but memudahkan jalannya konseling Pastoral karena sikap klien yang lebih terbuka, sedangkan sisi negatif dari hal ini adalah klien cenderung menggantungkan solusi dan keputusan atas pennasalahan hidup mereka kepada konselor , yaitu Pastor. Sebagai konselor, Pastor selalu memberi stimulan kepada klien untuk ak tif dalam memunculkan solusi bagi permasalahan hidup mereka sendiri . Praktek konseling Pastora l di gereja St. Antonius Kotabaru Yogyakarta telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan Pedoman Panduan Konseling Pastoral yang sudah ditetapkan oleh pihak keuskupan. Konselor adalah Pastor yang telah menempuh pelatihan-pel atihan khusus dalam bidang konseling Pastoral. Dengan menerapkan pendekatan, metode serta teknik sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan serta pengembang an skill yang terus dilakukan, para konselor melakukan praktek tersebut secara profesional. lmplikasi dari hal di atas adalah para klien lebih memilih datang menemui konselor Pastoral dari pada menemui ahli lain. Hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah klien yang datang menemui konselor Pastoral.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sekar Ayu aryani, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: KONSELING PASTORAL, GEREJA St. ANTONIUS
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Aug 2019 15:02
Last Modified: 23 Aug 2019 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36440

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum