KADERISASI ULAMA TARJIH (Studi Pola Pendidikan dan Strategi Pembelajaran pada Pesantren Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Yogyakarta)

SABARUDIN, - (2009) KADERISASI ULAMA TARJIH (Studi Pola Pendidikan dan Strategi Pembelajaran pada Pesantren Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Yogyakarta). Project Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KADERISASI ULAMA TARJIH (Studi Pola Pendidikan dan Strategi Pembelajaran pada Pesantren Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Yogyakarta))
Sabarudin - Kaderisasi Ulama Tarjih PUTM Sabarudin.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pesantren merupakan lembaga yang mewujudkan proses wajar perkembangan sistem pendidikan nasional. Dari segi historis, pesantren tidak hanya mengandung makna keislaman, tetapi juga keaslian (indigenous) Indonesia, sebab lembaga yang serupa, sudah terdapat pada masa kekuasaan Hindu-Budha, sedangkan Islam meneruskan dan mengislamkannya. Cak Nur bahkan berandai, jika Indonesia tidak mengalami penjajahan, niscaya pertumbuhan sistem pendidikan di Indonesia akan mengikuti jalur-jalur yang ditempuh oleh pesantren, sebagaimana yang terjadi di Barat, bahwa hampir semua universitas yang terkenal berasal dari cikal-bakal perguruan-perguruan keagamaan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kaderisasi, ulama, tarjih, Muhammadiyah
Subjects: Organisasi Masyarakat > Muhammadiyah
Divisions: Penelitian > 1. Pegawai dan Dosen
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Aug 2019 09:35
Last Modified: 28 Aug 2019 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36464

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum