SABARUDIN, - (2009) KONTINUITAS DAN PERUBAHAN PENDIDIKAN PESANTREN (Kasus Pondok Pesantren Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Yogyakarta). Pendidikan Agama Islam, VI (1). pp. 1-30. ISSN 2502-2075
|
Text (KONTINUITAS DAN PERUBAHAN PENDIDIKAN PESANTREN (Kasus Pondok Pesantren Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Yogyakarta))
Sabarudin - Kontinuitas dan Perubahan PUTM dalam JURNAL PAI (Sabarudin).pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan dan masyarakat merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan, satu sama lain saling membutuhkan dan saling mempengaruhi. Ketika dalam masyarakat terjadi perubahan, maka dunia pendidikan juga harus secepatnya mengakomodir perubahan tersebut agar kontinuitas dari kegiatannya dapat terus eksis. Demikian halnya yang terjadi pada pondok pesantren Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Yogyakarta. Pesantren ini dari waktu ke waktu juga mencoba melakukan perubahan pada beberapa sisi, sebagai respon terhadap perubahan sosial yang terjadi di kalangan internal ummat Muhammadiyah. Tulisan ini mencoba mendeskripsikan secara kritis perjalanan pendidikan pada Pondok Pesantren Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Yogyakarta sejak awal berdirinya sampai sekarang beserta perubahan-perubahan yang dilakukan dalam upaya menjaga eksistensi dan kontinuitas pendidikan yang diorientasikan pada pembentukan calon Ulama Tarjih, di tengah-tengah umat Muhammadiyah yang sudah terpola dalam budaya formalisme. Kata kunci: Pesantren PUTM, Kontinyuitas, Perubahan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesantren PUTM, Kontinyuitas, Perubahan |
Subjects: | Pendidikan Islam (Pesantren) |
Divisions: | Jurnal > 22. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 09:46 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 09:46 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36466 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |