MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK STUD I TERHADAP BUKU: 16 MORAL DASAR BAGI ANAK KARYA PAM SCHILLER & TAMERA BRYANT (ANALISIS PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)

Muflihah Setiyaningrum, NIM. 9847 3797 (2003) MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK STUD I TERHADAP BUKU: 16 MORAL DASAR BAGI ANAK KARYA PAM SCHILLER & TAMERA BRYANT (ANALISIS PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK STUD I TERHADAP BUKU: 16 MORAL DASAR BAGI ANAK KARYA PAM SCHILLER & TAMERA BRYANT (ANALISIS PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM))
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK STUD I TERHADAP BUKU: 16 MORAL DASAR BAGI ANAK KARYA PAM SCHILLER & TAMERA BRYANT (ANALISIS PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM))
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Mengembangkan Nilai-Nilai Moral Pada Anak Studi Terhadap Buku 16 Moral Dasar Bagi Anak Karya Pam Schiller & Tamera Bryant (Analisis Perspektif Pendidikan Islam) adalah bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai moral pada anak yang terdapat dalam karya Pam Schiller & Tam era Bryant, juga untuk mengetahui usaha-usaha yang dapat dilakukan dalam mengembangkan nilai-nilai moral pada anak menurut Pam Schiller & Tamera Bryant dan relevansinya dengan pendidikan Islam selain itu untuk mengetahui usaha-usaha yang dapat dilakukan dalam mengembangkan nilai-nilai moral pada anak menurut pendidikan Islam. Penulisan ini merupakan penelitian pustaka (Library Research),atau tergolong penelitian perpustakaan, bukan penelitian kancah, maka untuk memperoleh data dan bahan penelitian ini adalah dengan melakukan penyelidikan kepustakaan, yaitu bentuk penelitian dengan mengumpulkan data yang didapat dari bahan perpustakaan yang sesuai dengan obyek penelitian. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Yang menjadi sumber data primer dalam penelitian ini yaitu: buku karya Pam Schiller & Tamera Bryant dengan judul "The Values Book: Teaching 16 Basic Values to Young Children", yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul 16 Moral Dasar Bagi Anak, teij Susi Sensusi, Gramedia, Jakarta, 2002. Sedangkan yang menjadi sumber data sekunder dalam penelitian ini diantaranya yaitu: Akhlak Muslim, karya H. Oemar Bakry, Kuliah Akhlak, karya H. Yunahar Ilyas, LPPI, Akhlak Sseorang Muslim, karya Muhammad al-Ghazali, serta buku-buku lain yang membahas tentang 16 moral dasar bagi anak. Metode analisis data yang digunakan adalah metode diskriptif analitis, yakni setelah data terkumpul, maka diklasifikasikan sesuai dengan masalah yang dibahas dan dianalisa isinya (Content Analysis), dibandingkan antara data yang satu dengan yang lainnya, kemudian diinterpretasikan dan akhirnya diberi kesimpulan. Dalam pembahasan yang telah dilakukan maka bisa disimpulkan bahwa : Menurut Pam Schiller dan Tamera Bryant adapun cara atau langkah-langkah yang dapat di lakukan oleh para guru dan orang tua dalam mengembangkan nilai-nilai moral pada anak adalah dengan cara berdiskusi tentang nilai-nilai moral pada anak, kegiatan yang dapat mendorong keinginan untuk belajar, ide-ide untuk di praktekkan di rumah dan buku-buku untuk di bacakan pada waktu bercerita dengan menggunakan strategi atau metode yang bervariasi, yaitu: dengan memberikan nasehat, dengan keteladanan, dengan memberikan pertanyaan (diskusi), dengan pembiasaan (memberikan latihan-latihan), dengan memberikan pujian dan hukuman, dan dengan bercerita kepada anak-anak. Adapun cara yang digunakan untuk mengembangkan nilai-nilai moral pada anak dalam perspektif pendidikan Islam ialah menggunakan beberapa metode yang berpengaruh terhadap anak, yaitu: dengan keteladanan, dengan adat kebiasaan, dengan memberikan nasehat, dengan memberikan pengawasan, dan dengan memberikan ancaman dan hukuman (sanksi), serta dengan memupuk hati nurani, dan dengan kisah-kisah (cerita).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mangun Budiyanto,
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai moral
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Sep 2019 14:24
Last Modified: 02 Sep 2019 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36476

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum