PENGARUH CARAT ANAM HIDROPONIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS SAWI (Brassica juncea) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

MUHAMMAD NURHALIM, NIM. 99454299 (2004) PENGARUH CARAT ANAM HIDROPONIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS SAWI (Brassica juncea) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH CARAT ANAM HIDROPONIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVIT AS SA WI (Brassica juncea) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH CARAT ANAM HIDROPONIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVIT AS SA WI (Brassica juncea) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (902kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengaruh cara tanam hidroponik terhadap pertumbuhan dan produktivitas sawi (Brassica juncea) sebagai sumber belajar biologi memiliki tujuan diantaranya adalah, 1).. Untuk mengetahui pengaruh cara tanam hidroponik terhadap lajupertumbuhan dan tingkat produktivitas sawi (Brassicajuncea).2). Untuk mengetahui pengaruh perbedaan media tanam hidroponik terhadap laju pertumbuhan dan tingkat produktivitas sawi (Brassicajuncea).3). Untuk mengetahui media tanam hidroponik yang paling baik untuk pertumbuhan sawi (Brass ica juncea) . Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah true experimental research atau metode penelitian eksperimental. Penelitian eksperimental yaitu penelitian yang dilakukan dengan melakukan percobaan untuk mengetahui atau menyelidiki kemungkinan adanya sebab akibat dengan cara mengenakan satu atau lebih kelompok eksperimental, satu atau lebihkondisi perlakuan dan membandingkan hasilnya satu atau lebih kelompok kontrol . Metode hidroponik ini ada dua macam yaitu: 1). Hidroponik asli yaitubercocok tanam yang dilakukan didalam laboratorium dengan bahan yang sudah disterilkan terlebih dahulu sebelum dipakai, serta dapat mempergunakan berbagai pupuk sebagai bahan tambahannya.2). Hidroponik tiruan yaitu bercocok tanam yang medianya tidak disterilkan terlebih dahulu cukup dengan dicuci pakai detergen, dan pemakaian pupuknyapun hanya satu macam saja. Berdasarkan hasil pembahasan dari penelitian ini maka dapat ditarikkesimpulan antara lain, bahwa : 1). Cara penanaman dengan menggunakan teknik hidroponik tidak dapatmeningkatkan laju pertumbuhan dan tingkat produktifitas sawi (Brassicajuncea). 2). Penggunaan media tanam yang berbeda mengakibatkan perbedaan lajupertumbuhan dan tingkat produktifitas sawi (Brassicajuncea).3). Media tanam hidroponik yang terbaik dari ketiga media tanam yangdigunakan adalah media pasir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Paidi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Hidroponik, Produktivitas sawi, (Brassica juncea), biologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Sep 2019 17:12
Last Modified: 02 Sep 2019 17:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36481

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum