FAKTOR PENYEBAB DAN AKIBAT PERCERAIAN DI DESA BALEAGUNG GRABAG MAGELANG (TINJAUAN HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM)

FERY MASTUHU, NIM. 00360412 (2005) FAKTOR PENYEBAB DAN AKIBAT PERCERAIAN DI DESA BALEAGUNG GRABAG MAGELANG (TINJAUAN HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM.

[img]
Preview
Text (FAKTOR PENYEBAB DAN AKIBAT PERCERAIAN DI DESA BALEAGUNG GRABAG MAGELANG (TINJAUAN HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM))
00360412 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR PENYEBAB DAN AKIBAT PERCERAIAN DI DESA BALEAGUNG GRABAG MAGELANG (TINJAUAN HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM))
00360412 BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Perceraian adalah sesuatu yang halal tetapi perbuatan tersebut dibenci oleh Allah. Realita penyebab dan akibat perceraian yang terjadi di desa Baleagung, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang adalah karena perselingkuhan, perjodohan, perkawinan yang tidak seimbang dengan perbedaan usia yang jauh, istri tidak bisa melahirkan keturunan, meninggalkan kewajiban sebagai suami, istri tidak taat kepada suami dan adanya perselisihan yang terus menerus. Dari perceraian ini berakibat pada hubungan suami istri, pcngurusan anak, dan pembagian harta benda. Dari masalah diatas, ada keinginan penulis untuk melakukan penelitian. Scbagaimana diketahui bersama, bahwa ada ketentuan dari hukum-hukum, baik hukum positif maupun hukum Islam mengenai larangan perkawinan, batalnya perkawinan, syarat-syarat perkawinan dan ketentuan seseorang diperboiehbn bercerai. Dalam penelitian ini mcnggunakan maslahah mursalah dan unda11gundang yang berlaku di Indonesia. Dikarenakan kajian ini merupakan kajian lapangan yang ada dalam masyarakat, maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini nd<i!<ih pendekatan yuridis normatif dengan menggunakan metode kualitaiif yaiil! menganalisa masalah atau obyek penelitian dengan jalan menguraikannya dan ll1<::iy;:in<iarbn pnda kekuatan logika. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan ada beberapa faktor penyebab dan :ikibat perceraian yang terjadi di Baleagung tidak diatur dalam undangundang perkawinan yang berlaku di Indonesia dan hukum Islam, tapi a~:. peraturan yang semakna dengannya. Penulis juga menyimpulbn bahwa masyarakat Baleagung walaupun mayoritas beragama Islam tapi kurang mcmahami maksud dan tujuan perkawinan, seperti yang diatur dalam undang undang perkawinan maupun hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. MOCHAMAD SODIK, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: perceraian dan perkawinan, hukum positif, hukum Islam
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 03 Sep 2019 10:03
Last Modified: 03 Sep 2019 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum