PENGARUH MOTIVASI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH GOMBONG KEBUMEN JAWA TENGAH

Shohibuddarojah, NIM. 98423938 (2005) PENGARUH MOTIVASI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH GOMBONG KEBUMEN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MOTIVASI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH GOMBONG KEBUMEN JAWA TENGAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MOTIVASI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH GOMBONG KEBUMEN JAWA TENGAH)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengaruh Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah Gornbong Kebumen Jawa Tengah, adalah bertujuan untuk untuk mengetahui motivasi siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar bahasa Arab serta untuk mengetahui faktor-faktor penunjang dan penghambat motivasi siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif statistik. Fokus yang menjadi perhatian dari desain ini adalah pengukuran terhadap hubungan antara dua fenomena atau lebih. Disebut desain korelasional karena dalam pelaksanaannya menggunakan teknik analisis statistik yang dinamakan korelasi. Korelasi tersebut menyatakan tingkat hubungan antar variabel yang diselidiki. Dalam penelitian ini, yang menjadi subyek dan sumber data adalah: 1. Informan yang meliputi: a. Kepala Sekolah dan atau wakilnya. b. Guru bahasa Arab di SMP Muhammadiyah Gombong. c. Pihak lain yang terkait serta karyawan yang penulis anggap perlu. 2. Responden yaitu siswa-siswi SMP Muhammadiyah Gombong. Adapun penentuan subyeknya adalah mengambil sampel dari populasinya. Adapun teknik pengumpulan data, yaitu melalui angket, interview/wawancara, observasi dan dokumentasi serta tes. Analisis data ini digunakan untuk mendeskripsi data atau membuat ringkasan data pada tahap pcrtama analisis data. Dcngan mcnggunakan dcskriptif statistik, peneliti dapat mendeskripsikan data yang "banyak" dengan angka-angka (indeks) yang simpel tapi penuh arti. Berdasarkan pada uraian dan keterangan di atas, maka kesimpulan yang dapat diambil antara lain ; 1. Motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas 2E SMP Muhammadiyah Gombong adalah cukup baik. Karena terdapat dorongan siswa untuk belajar bahasa Arab selain di sekolah. 2. Prestasi belajar siswa kelas 2E di SMP Muhammadiyah Gombong, memiliki prestasi yang bagus dan di atas rata-rata kelas yang lain. Adapun pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar bahasa Arab di SMP Muhammadiyah Gombong adalah sangat signifikan. Artinya memang ada pengaruh yang kuat antara motivasi dengan prestasi belajar bahasa Arab.Hal ini bisa dibuktikan dengan hasil nilai korelasi (rxy) sebesar 0.924. Besamya taraf signifikansi pada 5% adalah sebesar 0.288, sedangkan pada taraf signifikansi 1% sebesar 0.372. Ternyata ro nya (yaitu: 0.924) adalah jauh lebih besar dari pada rt baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dengan demikian hasil penelitian telah diketahui yakni Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini mengindikasikan bahwasannya pada objek penelitian yakni kelas 2E SMP Muhammadiyah Gombong, pada umumnya memiliki dorongan atau motivasi dalam belajar bahasa Arab. Berarti dengan demikian bahasa Arab bagi siswa bukan merupakan suatu hal yang menakutkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Maksudin,
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi Belajar, Bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Sep 2019 12:42
Last Modified: 03 Sep 2019 12:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36494

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum