PERENCANAAN STRATEGI DAKWAH LEMBAGA PENGABDIAN MASYARAKA T PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA PADA MASYARAKAT BINAAN DI DUSUN GATEN

Robingah Adawiyah, NIM. 03240063 (2007) PERENCANAAN STRATEGI DAKWAH LEMBAGA PENGABDIAN MASYARAKA T PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA PADA MASYARAKAT BINAAN DI DUSUN GATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN STRATEGI DAKWAH LEMBAGA PENGABDIAN MASYARAKA T PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA PADA MASYARAKAT BINAAN DI DUSUN GATEN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAK.pdf - Published Version

Download (817kB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN STRATEGI DAKWAH LEMBAGA PENGABDIAN MASYARAKA T PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA PADA MASYARAKAT BINAAN DI DUSUN GATEN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (663kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan utuk mengetahui perencanaan strategi dakwah yang dilakukan oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Pondok Pesantren Wahid Hasyim, khususnya pada perencanaan strategisnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran yang positif, khususnya kepada pengelola Pondok Pesantren Wahid Hasyim, terutama LPM dalam bidang dakwah Islam agar lebih meningkatkan aktivitas dakwah di dusun binaan Gaten dalam rangka menegakkan agama Allah SWT. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke lokasi penelitian dan peneliti berpartisipasi secara langsung atau melibatkan diri di dalamnya karena data diperoleh langsung dari LPM Ponpes Wahid Hasyim yaitu melalui pengamatan, wawancara dan penelaahan dokumen. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara purposive (purposive sampling) dengan cara bola salju (snowball) yaitu menelusuri data yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan. Yang dijadikan subyek penelitian adalah (a) Pengurus LPM PONPES Wahid Hasyim yang merupakan penanggung jawab keseluruhan proses pelaksanaan dakwah yang diselenggarakan oleh LPM PONPES Wahid Hasyim; dan (b) masyarakat Gaten beserta tokoh masyarakat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Melalui observasi ini data yang dikumpulkan berupa letak geografis dan pelaksanaan kegiatan dakwah. Melalui interview diperoleh data tentang gambaran umum LPM PONPES Wahid Hasyim, sejarah berdirinya, tujuan pendiriannya, perencanaan strategi dakwah dan implementasinya. Metode dokumentasi yaitu mencari data tentang variabel yang berupa catatan, buku, surat kabar, agenda, notulen dan lainnya yang relevan dengan tujuan penelitian. Dalam hal ini penulis akan mencari data tentang sejarah berdirinya LPM PONPES Wahid Hasyim serta keadaan penduduk Gaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data kualitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa di dalam memberikan pelayanan keagamaan pada masyarakat daerah binaannya, LPM Pondok Pesantren Wahid Hasyim telah memiliki suatu perencanaan untuk mengaktualisasikan semua kegiatannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mob. Abu Suhud, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: strategi dakwah, Ponpes Wahid Hasyim
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Sep 2019 18:21
Last Modified: 09 Sep 2019 18:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36541

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum