PERAN PENGASUH DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI ANAK KORBAN PERCERAIAN (STUDI DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK AL-IKHLAS SENTOLO KULON PROGO)

AKHMAD MUBASIRIN, NIP. 13220113 (2019) PERAN PENGASUH DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI ANAK KORBAN PERCERAIAN (STUDI DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK AL-IKHLAS SENTOLO KULON PROGO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PENGASUH DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI ANAK KORBAN PERCERAIAN (STUDI DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK AL-IKHLAS SENTOLO KULON PROGO))
13220113_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PERAN PENGASUH DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI ANAK KORBAN PERCERAIAN (STUDI DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK AL-IKHLAS SENTOLO KULON PROGO))
13220113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tugas-tugas pengasuh dalam membantu meningkatkan efikasi diri anak korban perceraian beserta gambaran efikasi diri anak yang bersangkutan setelah mendapatkan tindakan dari pengasuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al-Ikhlas Sentolo, Kulon Progo. Seperti yang diketahui, efikasi diri menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan tindakan yang akan dilakukan. Pada anak korban perceraian, efikasi diri akan menentukan respon tentang bagaimana menghadapi tuntutan situasi yang sulit, menjalankan tugas sehari-hari sebagai anak asuh maupun sebagai siswa di sekolah, dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah pengasuh dan anak asuh yang memiliki latar belakang perceraian orang tua. Data penelitian didapatkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dan dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, melalui upaya-upaya yang telah dilakukan pengasuh diketahui tugas pengasuh dalam meningkatkan efikasi diri anak asuh korban perceraian adalah sebagai mentor, fasilitator, motivator dan komunikator. Sedangkan kondisi efikasi diri anak asuh korban perceraian orang tua meskipun pada bidang yang berbeda, namun sama-sama mengalami peningkatan dalam aspek tingkat, kekuatan, dan generalisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S.Ag., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: peran pengasuh, efikasi diri
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Nov 2019 10:33
Last Modified: 15 Nov 2019 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36609

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum