FORUM KOMUNITAS CODE SELATAN (FKCS) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PARIWISATA PERKOTAAN DI KAMPUNG WISATA “DEWOBRONTO” YOGYAKARTA

YENNY MAYA RATRI, NIM. 14230025 (2019) FORUM KOMUNITAS CODE SELATAN (FKCS) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PARIWISATA PERKOTAAN DI KAMPUNG WISATA “DEWOBRONTO” YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FORUM KOMUNITAS CODE SELATAN (FKCS) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PARIWISATA PERKOTAAN DI KAMPUNG WISATA “DEWOBRONTO” YOGYAKARTA)
14230025_ BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FORUM KOMUNITAS CODE SELATAN (FKCS) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PARIWISATA PERKOTAAN DI KAMPUNG WISATA “DEWOBRONTO” YOGYAKARTA)
14230025_BAB II_ III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (866kB)

Abstract

Kampung wisata merupakan konsep destinasi yang tidak hanya melibatkan unsur alam saja, namun juga melibatkan masyarakat sendiri serta wisatawan. Pencanangan kampung wisata di beberapa daerah baik desa maupun kota diharapkan akan mendongkrak kegiatan ekonomi maupun tujuan untuk merubah sosial budaya masyarakat untuk lebih baik. Kampung Wisata Dewobronto merupakan salah satu kampung wisata yang sudah berhasil dalam penerapan kampung wisata. Tulisan ini bertujuan untuk melihat dan mendiskripsikan proses terbentuknya kampung wisata dan dampaknya terhadap lingkungan maupun perilaku masyarakat. Dalam menjawab tujuan penelitian tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan informan menggunakan purposive (berdasarkan kriteria). Untuk pengumpulan data dilakukan secara observasi , wawancara, serta dokumentasi. Agar data perolehan tersebut valid maka dilakukan triangulasi sumber yaitu dengan wawancara informan, literatur yang sudah ada dan data pengamatan lapangan. Dalam prosesnya penelitian ini penulis memulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ada pada Kampung Wisata Dewobronto menunjukan bahwa proses Forum Komunitas Code Selatan ( FKCS) dalam pemberdayaan masyarakat melalui Kampung Wisata “Dewobronto” dengan beberapa tahap yaitu tahap bangun restu, penyadaran masyarakat, tahap prencanaan, tahap pengkapasitasan masyarakat, dan pendayaan masyarakat. Terbentuknya Kampung Wisata Dewabronto ini membawa perubahan namun tidak cukup besar. Adapun beberapa dampak positifnya yaitu perubahan kondisi lingkungan yang semakin bersih, kesadaran masyarakat akan penjagaan lingkungan, partisipasi aktif warga dalam membangun kampung wisata, serta adanya kegiatan ekonomi warga setempat. Adapun dampak negatif yang terjadi yaitu area taman kali code dijadikan perkumpulan remaja yang mendorong pada kenakalan remaja baik itu pacaran maupun pesta minuman keras yang tentunya hal tersebut mengganggu kenyamanan warga serta merusak reputasi baik kampung wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suyanto, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: forum komunitas code, pemberdayaan masyarakat, kampung wisata “dewobronto”
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Nov 2019 14:09
Last Modified: 25 Nov 2019 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36646

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum