PESONA KEDUNG LUWENG: STRATEGI POKDARWIS DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DESA HARGOREJO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO

KENZHO ANANDIYA YUDISTIRO, NIM. 12230073 (2019) PESONA KEDUNG LUWENG: STRATEGI POKDARWIS DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DESA HARGOREJO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESONA KEDUNG LUWENG: STRATEGI POKDARWIS DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DESA HARGOREJO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO)
12230073 - BAB I, V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PESONA KEDUNG LUWENG: STRATEGI POKDARWIS DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DESA HARGOREJO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO)
12230073 - BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

“Pesona Kedung Luweng: Strategi POKDARWIS dalam Pengembangan Desa Wisata di Desa Hargorejo Kecamatan Kokap Kulon Progo”, Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian menjelaskan tentang bagaimana sejarah dan proses pembentukan POKDARWIS beserta dampak adanya POKDARWIS bagi kehidupan sosial masyarakat khususnya di Desa Hargorejo. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengertian POKDARWIS, langkah-langkah pembentukan POKDARWIS serta dampak adanya POKDARWIS terhadap masyarakat Desa Hargorejo. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dilakukan langsung terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan yaitu dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada informan yang dipilih dari perangkat desa. Subjek penelitian terdiri dari: (1) Kepala Desa, (2) Pengurus dan anggota POKDARWIS Desa Hargorejo, (3) Warga Desa, Muda-mudi Desa Hargorejo, (4) Tokoh Masyarakat. Data primer diperoleh dari wawancara mendalam, dan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur atau dokumentasi untuk mengetahui (1) Bagaimana strategi POKDARWIS dalam pengorganisasian masyarakat untuk mengembangkan wisata Kedung Luweng, (2) Bagaimana dampak positif pengorganisasian masyarakat yang dilakukan POKDARWIS dalam mengembangan wisata Kedung Luweng. Kemudian penelitian menggunakan tinjauan mengenai pengertian POKDARWIS, proses pembentukan dan pengembangan wisata Kedung Luweng, POKDARWIS sebagai lembaga pelayanan masyarakat, serta tinjauan mengenai dampak sosial ekonomi yang digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pengorganisasian masyarakat yang dilakukan POKDARWIS dalam pengembangan wisata Kedung Luweng, untuk mengetahui bagaimana dampak positif dari pengorganisasian masyarakat yang dilakukan POKDARWIS dalam pengembangan wisata Kedung Luweng. Penelitian ini berlokasi di Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap Kulon Progo, Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam strategi pengorganisasian masyarakat melalui POKDARWIS tidaklah mudah. Berikut langkah-langkah strategi POKDARWIS dalam pengorganisasian masyarakat: (1) Penyadaran Masyarakat Akan Potensi Desa, (2) Pengkapasitasan Masyarakat, (3) Pemberian Daya. Kemudian ditemukan beberapa dampak dari adanya POKDARWIS, yaitu : (1) Membangun Kesadaran Kritis dan Menggali Potensi Pengetahuan Lokal Masyarakat, (2) Menumbuhkan Partisipasi Aktif Masyarakat, (3) Terlaksananya Pendidikan Yang Berkelanjutan, (4) Pembentukan dan Penguatan Pengorganisasian Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Moh. Abu Suhud, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pesona Kedung Luweng, POKDARWIS, Strategi dan Dampak Pengorganisanisasian.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Nov 2019 14:27
Last Modified: 26 Nov 2019 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36665

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum