PEMBERDAYAAN SANTRI BERBASIS MINAT DAN KETERAMPILAN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE)

MASITOH, NIM. 5230009 (2019) PEMBERDAYAAN SANTRI BERBASIS MINAT DAN KETERAMPILAN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN SANTRI BERBASIS MINAT DAN KETERAMPILAN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE))
15230009_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN SANTRI BERBASIS MINAT DAN KETERAMPILAN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE))
15230009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (752kB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan pendidikan non formal yang tetap berjaya hingga saat ini. Minat masyarakat dalam pondok pesantren juga tidak pernah surut dari waktu ke waktu, hal tersebut menuntut pondok pesantren menjadi suatu lembaga yang mengantisipasi perubahan yang semakin modern dengan membuat program-program pendukung. Program pendukung tersebut diharapkan mampu mengembangkan minat, bakat, dan keterampilan santri guna menghadapi tantangan yang diakibatkan oleh perubahan zaman. Salah satu pondok pesantren yang membuat program pemberdayaan santri adalah pondok pesantren nurul ummah putri Kotagede Yogyakarta. Tujuan dari penelitian adalah mendiskripsikan bagaimana cara yang dilakukan oleh pihak pondok pesantren nurul ummah putri dalam memberdayakan para santrinya. Mulai dari cara mengidentifikasi minat, bakat dan keterampilan yang dimiliki oleh para santri hingga cara serta metode pemberdayaan dan hasil dari pemberdayaan tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informannya menggunakan teknik kriteria. Teknik penarikan informannya menggunakan triangulasi sumber dan dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini, pertama cara pengidentifikasian yang dilakukan oleh pihak pondok pesantren nurul ummah putri melalui tiga cara, yakni penyebaran angket yang dilakukan tiap tahun ajaran baru. Setelah itu dilakukan tes tulis dan wawancara yang dilakukan oleh masing-masing UKS (Unit Kegiatan Santri). Kemudian dilakukan pengarahan oleh tiap UKS untuk santri yang baru masuk pada tiap UKS. Kedua, metode pemberdayaan yang dilakukan oleh pihak pondok dalam menyelenggarakan program pendukung yakni dengan melakukan pelatihan dengan mengundang narasumber ataupun dari kalangan santri yang telah mumpuni, penambahan wawasan dengan mengadakan seminar kepenulisan, menampilkan UKS dalam acara-acara pondok, diikutkan berbagai lomba untuk lebih mengasah kemampuan dan meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu juga menggunakan metode Participatory Learning Methods (PLM) dengan melibatkan seluruh anggota mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan tahap evaluasi, dengan tujuan memotivasi dan memberikan rasa tanggung jawab padab tiap anggota. Ketiga, hasil dari program pemberdayaan santri tersebut yakni, mampu menjuarai lomba yang diadakan oleh suatu lembaga maupun pondok pesantren, para santri juga mampu menghasilkan sebuah karya yang memiliki nilai jual maupun karya mengenai ilmu pengetahuan, selain itu dari pihak santri mampu lebih mengasah kemampuan yang dimiliki serta menambah pengetahuan dan wawasan santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Aziz Muslim, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Santri, Minat, Bakat, dan Keterampilan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Nov 2019 14:56
Last Modified: 26 Nov 2019 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36666

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum