PASAR KEBON WATU GEDE SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: STUDI DI DUSUN JETAK SIDOREJO MAGELANG

RIZKA AROVATUN KARTINI, NIM. 15230019 (2019) PASAR KEBON WATU GEDE SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: STUDI DI DUSUN JETAK SIDOREJO MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PASAR KEBON WATU GEDE SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: STUDI DI DUSUN JETAK SIDOREJO MAGELANG)
15230019_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PASAR KEBON WATU GEDE SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: STUDI DI DUSUN JETAK SIDOREJO MAGELANG)
15230019_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pasar Kebon Watu Gede merupakan sebuah pasar wisata yang dibuat oleh karang taruna sebagai media pemberdayaan masyarakat untuk mengangkat aset potensi alam serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep, implementasi dan hasil pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh karang taruna melalui pembuatan pasar wisata (Pasar Kebon Watu Gede) di Dusun Jetak. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitataif. Subyek dalam penelitian ini adalah pengelola Pasar Kebon Watu Gede, penjual di pasar, pengunjung Pasar Kebon Watu Gede. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi dan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasannya konsep pemberdayaan masyarakat melalui pasar wisata yang dilakukan oleh karang taruna Dusun Jetak adalah sebuah usaha untuk mengangkat nama dusun mereka dengan mengembangkan potensi alam yang ada di daerah tersebut serta mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif di dalam proses pelaksanaannya sabagai bentuk kekompakan warga dan juga merupakan sebuah usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Implementasinya adalah adanya program-program yang dibuat untuk menunjang proses pemberdayaan yaitu melalui pemanfaatan potensi, partisipasi masyarakat, pemasaran, dan menjalin kerjasama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aziz Muslim, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Pasar Wisata, Pasar Kebon Watu Gede
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Nov 2019 09:13
Last Modified: 27 Nov 2019 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36670

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum