EVALUASI PROGRAM ONE HOME ONE LIBRARY TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) KUNCUP MEKAR DESA KEPEK, KECAMATAN SAPTOSARI, GUNUNGKIDUL

RIZQI EKO NURCAHYANTI, NIM. 15230055 (2019) EVALUASI PROGRAM ONE HOME ONE LIBRARY TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) KUNCUP MEKAR DESA KEPEK, KECAMATAN SAPTOSARI, GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM ONE HOME ONE LIBRARY TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) KUNCUP MEKAR DESA KEPEK, KECAMATAN SAPTOSARI, GUNUNGKIDUL)
15230055_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM ONE HOME ONE LIBRARY TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) KUNCUP MEKAR DESA KEPEK, KECAMATAN SAPTOSARI, GUNUNGKIDUL)
15230055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Program One Home One Library merupakan suatu program yang dibentuk oleh Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kuncup Mekar Desa Kepek, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Program tersebut berawal dari keresahan Pak Andriyanto selaku ketua Taman Bacaan Masyarakat (TBM)KuncupMekar terhadap kemampuan literasi anak – anak di Desa Kepek, maka hal tersebut membuat pihak Taman Bacaan Masyarakat Kuncup Mekar memutuskan untuk membentuk Program One Home One Library.Program One Home One Library iniadalah program yang menyediakansaturumahsatupojokbacabagimasyarakat.Untuk menjadikan program ini menjadi program yang kuat maka diperlukanlah kegiatan evaluasi untuk menilai apakah setiap bagian – baian dari program One Home One Libray sudah dilaksanakan dengan baik atau tidak.Sehingga dapat ditemukan faktor – faktor yang menghambat perkembangan program.Sebagai program yang bersifat berkelanjutan model evaluasi yang cocok digunakan adalah model CIPP (Contex , Input, Proces, Product).. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor penghambatberkembangnya program One Home One Liberarymelaluianalisisevaluasi CIPP. Program One Home One Library dalam meningkatkan kemampuanliterasi masyarakat di Taman Bacaan Masyarakat Kuncup Mekar Desa Kepek, Saptosari, Gunungkidul.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan penentuan informan dengan kriteria. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada validitas data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber, dan analisis data melalui mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian ini melalui analisis evaluasi menggunakan metode CIPP. Berdasarkan dari seluruh hasil analisis setiap tahapnya dapat di simpulkan bahwa yang menjadikan lambatnya perkembangan program One Home One Library dalam meningkatkan kemampuan literasi masyarakat adalah SDM. Dalam permasalahan sumber daya manusia ini dapat dilihat dari menurunya tingkat keaktifan anggota dalam kepengurusannya, tidak adanya sistem kontrak kerja yang mengakibatkan sulitnya melakukan kontrol kinerja, dan lambatnya regenerasi organisasi.Dari beberapa situasi tersebut kemudian mengerucut pada permasalahan akses ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: . H. Moh. Abu Suhud. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program, Mode Evaluasi CIPP, Literasi, Masyarakat
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Nov 2019 10:00
Last Modified: 27 Nov 2019 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36673

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum