EVALUASI KUALITAS LAYANAN ANAK DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN DPAD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (GRHATAMA PUSTAKA) DENGAN METODE LIBQUAL⁺™

JAZILATURROKHMAH ANIS, NIM. 14140053 (2019) EVALUASI KUALITAS LAYANAN ANAK DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN DPAD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (GRHATAMA PUSTAKA) DENGAN METODE LIBQUAL⁺™. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI KUALITAS LAYANAN ANAK DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN DPAD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (GRHATAMA PUSTAKA) DENGAN METODE LIBQUAL⁺™)
14140053 _ PRA BAB_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text (EVALUASI KUALITAS LAYANAN ANAK DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN DPAD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (GRHATAMA PUSTAKA) DENGAN METODE LIBQUAL⁺™)
14140053 _BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

This research aims to measure the quality of the child services in the Balai Layanan Perpustakaan DPAD Daerah Istimewa Yogyakarta (Grhatama Pustaka) based on expectation and perceptions of visitors at the Balai Layanan Perpustakaan DPAD Daerah Istimewa Yogyakarta (Grhatama Pustaka) with the LibQUAL⁺ ™ method and to determine whether or not there are dimensions of child services that have not met expectations and perceptions of visitors at the Balai Layanan Perpustakaan DPAD Daerah Istimewa Yogyakarta (Grhatama Pustaka). The method used in this study is quantitative-descriptive. Data collection methods used in this study were questionnaires, observation, interviews, and documentation. The sampling technique uses purposive sampling. The results of this study indicate that the quality of child services in the Balai Layanan Perpustakaan DPAD Daerah Istimewa Yogyakarta (Grhatama Pustaka) is generally "good" by the users. This can be seen from the results of calculations which show that the average value of perception (perceived) of the users is 32.82, the average value of minimum (minimum) is 30.05 and the average value of desirable (desired) is 37 , 19. Thus it can be seen that the average value of perception is higher than the average minimum expectation value, so that a positive Adequacy Gap (AG) value is obtained, which is 2.77 and the Superiority Gap (SG) is negative, ie -4.37. Based on the calculation of Adequacy Gap (AG) and Superiority Gap (SG) the best dimensions are Service Affect (SA) dimensions, Library as Place (LP) dimensions, Personal Control dimensions (PC), and finally Information Access (IA) dimensions. Furthermore, there are 2 items of statements that have not fulfilled the expectations and perceptions of the user, that is, the user has not been able to do it himself in seeking information on child services and there is no computer that helps the user search for books in children's services. From the results of the study, it can be recommended that there is a need for assistance to children in seeking information and completing the availability of computers that are suitable for the needs of users. ( INDONESIA ) Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas layanan anak di Balai Layanan Perpustakaan DPAD Daerah Istimewa Yogyakarta (Grhatama Pustaka) berdasarkan harapan dan persepsi pemustaka di Balai Layanan Perpustakaan DPAD Daerah Istimewa Yogyakarta (Grhatama Pustaka) dengan metode LibQUAL⁺™ serta untuk mengetahui ada dan tidaknya dimensi layanan anak yang belum memenuhi harapan dan persepsi pemustaka di Balai Layanan Perpustakaan DPAD Daerah Istimewa Yogyakarta (Grhatama Pustaka). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif-deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penambilan sampel menggunakan sampling purposive. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan anak di Balai Layanan Perpustakaan DPAD Daerah Istimewa Yogyakarta (Grhatama Pustaka) dinyatakan “baik” secara umum oleh pemustaka. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata persepsi (perceived) pemustaka yaitu 32,82, nilai rata-rata harapan minimum (minimum) sebesar 30,05 dan nilai rata-rata harapan yang diingikan (desired) yaitu 37,19. Dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai rata-rata persepsi lebih tinggi dari nilai rata-rata harapan minimum, sehingga diperoleh nilai Adequacy Gap (AG) positif, yaitu 2,77 dan Superiority Gap (SG) negatif, yaitu -4,37. Berdasarkan perhitungan Adequacy Gap (AG) dan Superiority Gap (SG) dimensi yang paling baik yaitu dimensi Service Affect (SA), dimensi Library as Place (LP), dimensi Personal Control (PC), dan yang terakhir dimensi Information Access (IA). Selanjutnya terdapat 2 butir pernyataan yang belum memenuhi harapan dan persepsi pemustaka yaitu pemustaka belum dapat melakukan sendiri dalam mencari informasi di layanan anak dan belum terdapat komputer yang membantu pemustaka mencari buku di layanan anak. Dari hasil penelitian, maka dapat direkomendasikan bahwa perlu adanya pendampingan terhadap anak dalam mencari informasi dan melengkapi ketersediaan komputer yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Anis Masruri, S.Ag., S.IP., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kualitas Layanan, Layanan Anak, Metode LibQUAL⁺™
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Nov 2019 14:52
Last Modified: 28 Nov 2019 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36699

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum