PENDAMPINGAN SISTEM AMONG (PADA PENDIDIKAN NON FORMAL)

ISTININGSIH, - (2019) PENDAMPINGAN SISTEM AMONG (PADA PENDIDIKAN NON FORMAL). pp. 1-12.

[img]
Preview
Text
DISERTASI.PENDAMPINGAN BERBASIS AMONG.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini mendesain model pendampingan bagi orang tua siswa sekolah dasar. Pendampingan merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pendidikan. Pendampingan guru kepada siswa merupakan wujud kepemimpinan guru kepada siswa. Kepemimpinan yang diharapkan sesuai dengan kondisi siswa, disebut situational leadership. Pendampingan merupakan wujud kepemimpinan guru kepada siswa yang berbasis kondisi siswa. Pendampingan banyak dilakukan oleh non government organization (NGO), namun penelitian model pendampingan belum banyak dilakukan dan bahkan bisa dikatakan langka; terlebih lagi pendampingan yang memiliki spesifikasi. Pendampingan dalam penelitian ini mengangkat ide dari tokoh pendidikan nasional Indonesia yaitu Ki Hadjar Dewantara yang dikenal dengan sistem Among (Istilah Jawa). Penelitian ini menemukan sebuah model yang disebut model pendampingan sistem Among yang diujicobakan pada pendidikan non-formal, yakni bagi orang tua siswa dalam mendampingi anaknya dalam konteks berkarakter. Penelitian ini menemukan: nama pendampingan “Pendampingan sistem Among”; landasan filosofis model yakni “Keunikan orang yang didampingi”; konsep model yakni “Kasus – Individual – Penuntasan Kasus”; mekanisme model yakni “pemetaan kondisi personil yang didampingi – penentuan pola pendampingan”. Keterkaitan antara kondisi orang yang didampingi dengan pendamping adalah (1) motivasi dan kemampuan mendidik anak bagus didampingi menggunakan pola Tut Wuri Handayani, (2) Salah satu aspek rendah, untuk motivasi atau kemampuan mendidik orang yang didampingi lemah maka didampingi menggunakan pola Ing Madyo Mangun Karso, sedangkan untuk (3) lemah kedua aspek baik motivasi maupun kemampuan mendidik orang yang didampingi, maka digunakan pola Ing Ngarso sung Tulodho. Hasil uji coba bagi orang tua siswa sekolah dasar dinyatakan efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Situational Ledership, Pendampingan Among, Pendidikan Non – Formal
Subjects: Artikel Dosen
Pendidikan
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User: Dr. Istiningsih -
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:42
Last Modified: 03 Dec 2019 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36717

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum