PERPUSTAKAAN DIGITAL BERDASARKAN PERSPEKTIF LUCY A. TEDD DAN ANDREW LARGE (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UGM YOGYAKARTA)

HAYATUDDINIYAH, NIM. 15140060 (2019) PERPUSTAKAAN DIGITAL BERDASARKAN PERSPEKTIF LUCY A. TEDD DAN ANDREW LARGE (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UGM YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERPUSTAKAAN DIGITAL BERDASARKAN PERSPEKTIF LUCY A. TEDD DAN ANDREW LARGE (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UGM YOGYAKARTA))
15140060_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERPUSTAKAAN DIGITAL BERDASARKAN PERSPEKTIF LUCY A. TEDD DAN ANDREW LARGE (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UGM YOGYAKARTA))
15140060_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perpustakaan digital berdasarkan perspektif Lucy A. Tedd dan Andrew Large di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles & Huberman , yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah Perpustakaan Fakultas Teknik UGM Yogyakarta merupakan perpustakaan digital, ini dibuktikan dengan terpenuhinya tiga karakteristik perpustakaan digital berdasarkan perspektif Lucy A. Tedd dan Andrew Large, yaitu yang pertama terpenuhinya proses informasi di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM Yogyakarta baik dari kemampuan menciptakan, mencari, dan menggunakan informasi, yang kedua terpenuhinya koleksi Perpustakaan Fakultas Teknik UGM Yogyakarta yang terdiri dari data dan metadata yang saling berhubungan baik dari sisi internal maupun eksternal, dan yang ketiga terpenuhinya integrasi atau hubungan Perpustakaan Fakultas Teknik UGM Yogyakarta dengan institusi atau organisasi yang lain yaitu dengan Perpustakaan Pusat UGM dan dengan Perpustakaan Fakultas yang lain di lingkungan UGM, namun tidak untuk perpustakaan / museum / kearsipan / sekolah / unit-unit yang lain di luar lingkungan UGM. Dalam penelitian ini disarankan untuk dapat melakukan jejaring kerja sama dengan berbagai lembaga atau organisasi lainnya di luar lingkungan UGM, hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi pengguna dalam mengakses informasi, yang mana informasi tersebut tersedia secara luas, lengkap dan beragam. Selain itu juga dapat meningkatkan kualitas pemberian layanan perpustakaan kepada pemustaka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Syifaun Nafisah, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Digital, Lucy A. Tedd dan Andrew Large, Perpustakaan Fakultas Teknik UGM Yogyakarta.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:31
Last Modified: 03 Dec 2019 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36774

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum