IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (STUDI KASUS PADA KOMPONEN PENDIDIKAN DI DESA NGALANG KECAMATAN GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL)

CITA NURFIA, NIM 14250054 (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (STUDI KASUS PADA KOMPONEN PENDIDIKAN DI DESA NGALANG KECAMATAN GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (STUDI KASUS PADA KOMPONEN PENDIDIKAN DI DESA NGALANG KECAMATAN GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
14250054_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (STUDI KASUS PADA KOMPONEN PENDIDIKAN DI DESA NGALANG KECAMATAN GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
14250054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (632kB)

Abstract

Kemiskinan di Indonesia semakin membuat jutaan orang menderita karena kesulitan untuk mengakses pelayanan publik khususnya pelayanan pendidikan karena ketebatasan biaya hidup sehingga menyebabkan anak-anak kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Dengan demikian pemerintah memberikan program bantuan tunai untuk meminimalisir kemiskinan tersebut yang disebut dengan Program Keluarga Harapan (PKH). Penelitian ini berjudul “Implementasi Program Keluarga Harapan (Studi Kasus Pada Komponen Pendidikan di Desa Ngalang Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) pada komponen pendidikan dan faktor serta hambatan yang mempengaruhinya dalam proses implementasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara (koordinator kecamatan Program Keluarga Harapan, pendamping, peserta penerima Program Keluarga Harapan dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) pada komponen pendidikan sudah berjalan dengan baik melalui tiga tahap yaitu: tahap interprestasi, tahap pengroganisasian dan tahap aplikasi. Proses implementasi dipengaruhi oleh empat faktor yaitu: faktor komunikasi, faktor sumber daya, faktor disposisi dan faktor struktur birokrasi. Serta hambatanhambatan yang mempengaruhi proses implementasi antara lain kurangnya fasilitas pendidikan dalam satu kecamatan yang menyebabkan pendamping kesulitan untuk melakukan proses verifikasi sehingga harus melibatkan pendamping di daerah lain. Program perlindungan sosial yang tercover oleh Program Keluarga Harapan (PKH) yaitu bantuan sosial yang xi diberikan oleh pemerintah kepada peserta melalui

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Solechah, S.Sos.I, M.Si
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Keluarga Harapan, Pendidikan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:15
Last Modified: 04 Dec 2019 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36783

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum