PESAN TOLERANSI DALAM FILM ANIMASI RELIGI PRODUKSI CENTER FOR THE STUDY OF ISLAM AND SOCIAL TRANSFORMATION (CISFORM)

Nurul Wahida, NIM 15210027 (2019) PESAN TOLERANSI DALAM FILM ANIMASI RELIGI PRODUKSI CENTER FOR THE STUDY OF ISLAM AND SOCIAL TRANSFORMATION (CISFORM). Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (PESAN TOLERANSI DALAM FILM ANIMASI RELIGI PRODUKSI CENTER FOR THE STUDY OF ISLAM AND SOCIAL TRANSFORMATION (CISFORM))
15210027_NURUL WAHIDA_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PESAN TOLERANSI DALAM FILM ANIMASI RELIGI PRODUKSI CENTER FOR THE STUDY OF ISLAM AND SOCIAL TRANSFORMATION (CISFORM))
15210027_ NURUL WAHIDA_ BAB II_S.D_ SEBELUM BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Toleransi diketahui menjadi peristiwa aktual yang terjadi di masyarakat dengan berbagai pro dan kontranya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan rasa toleransi pada masyarakat melalui film. Di mana di dalam film tersirat sebuah pesan yang bisa mempengaruhi khalayak, melalui berbagai penanda dan petandanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis penelitian menggunakan analisis teks media yakni semiotika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data dokumen yakni data primer berupa video film animasi religi CISForm, sementara data sekunder berupa referensi terkait penelitian baik dari buku, internet, jurnal, ataupun artikel. Berdasarkan hasil penelitian terkait pesan toleransi dalam film animasi religi CISForm, menghasilkan data bahwa pesan toleransi yang digambarkan dalam film animasi religi CISForm yakni (1) mengedepankan agenda kemanusiaan bersama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, (2) Prasangka-prasangka buruk terhadap kelompok beragama dihilangkan dengan tidak memberi labelisasi dan stigmatisasi buruk terhadap hubungan antaragama dan intraagama, (3) Penafsiran keagamaan dilakukan dengan cara mencari titik-titik temu hubungan antarayat, fleksibel, dialektis, dan kontekstual, (4) Menghormati kepada orang berbeda agama sebagaimana layaknya, (5) Menghargai dan merealisasikan toleransi dan harmoni antarumat beragama. Perbedaan yang terjadi dalam hubungan antarumat beragama dicoba untuk dipecahkan dengan jalan musyawarah dan legal konstitusional, (6) Mengakui dan menghargai adanya keberagaman, tidak saja dalam hubungan intra-agama namun juga dalam hubungan antaragama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Evi Septiani TH, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Toleransi, Analisis Semiotika, Film Animasi
Subjects: Komunikasi Budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:45
Last Modified: 04 Dec 2019 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36788

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum