KEBERFUNGSIAN SOSIAL EKS PSIKOTIK PASCA REHABILITASI DARI RUMAH SINGGAH BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA (BRSBKL)

Aris Puji Pertiwi, NIM. 15250048 (2019) KEBERFUNGSIAN SOSIAL EKS PSIKOTIK PASCA REHABILITASI DARI RUMAH SINGGAH BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA (BRSBKL). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KEBERFUNGSIAN SOSIAL EKS PSIKOTIK PASCA REHABILITASI DARI RUMAH SINGGAH BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA (BRSBKL))
15250048_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KEBERFUNGSIAN SOSIAL EKS PSIKOTIK PASCA REHABILITASI DARI RUMAH SINGGAH BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA (BRSBKL))
15250048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2019 dengan tujuan untuk mengetahui keberfungsian sosial eks psikotik pasca rehabilitasi. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya eks psikotik yang tidak berfungsi sosial kembali saat sudah menjalani rehabilitasi dan banyak dari mereka yang kambuh kembali. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah tiga informan eks psikotik serta informan tambahan sebagai penghubung dengan sumber. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil menunjukan bahwa keberfungsian sosial dari ketiga informan eks psikotik berbeda-beda, yaitu adanya keberfungsian sosial efektif, keberfungsian sosial maladaptive, dan tidak bisa berfungsi sosial. Keberfungsian sosial efektif apabila informan mampu merespon dengan baik dalam menjalankan peran sosialnya sebagai masyarakat. Sedangkan keberfungsian sosial maladaptive yaitu informan tidak bisa menjalankan peran sosialnya dengan baik sebagai masyarakat, dapat menjalankan peran sosialnya dengan baik apabila informan merasa nyaman. Sedangkan tidak berfungsi sosial yaitu informan yang tidak bisa menjalankan peran sosialnya dengan baik, informan tidak dapat memenuhi kebutuhan non materialnya berupa rasa nyaman dan aman yang menyebabkan klien membatasi interaksinya dengan orang-orang di lingkungannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Asep Jahidin, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Keberfungsian Sosial, Eks Psikotik
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Dec 2019 08:17
Last Modified: 05 Dec 2019 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36811

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum