DAMPAK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN DANA DESA TERHADAP PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA DI DESA WANAR KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG

Ardiana Kusuma Dewi, NIM: 15250056 (2019) DAMPAK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN DANA DESA TERHADAP PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA DI DESA WANAR KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN DANA DESA TERHADAP PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA DI DESA WANAR KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG)
15250056_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN DANA DESA TERHADAP PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA DI DESA WANAR KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG)
15250056_BAB-II_Sampai_Sebelum-BAB-Terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (561kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Dampak Pemberdayaan Msayarakat Menggunakan Dana Desa terhadap Peningkatan Sumber Daya Manusia di Desa Wanar Kecamatan Tersono Kabupaten Batang” Tidak meratanya pembangunan di kawasan pedesaan selalu menjadi dalih utama yang mendorong masyarakat untuk meninggalkan kampung halamannya karena kecilnya pendapatan dan terbatasnya lapangan kerja yang ada di desa dan menjadi suatu permasalahan yang tidak kunjung selesai. Upaya pemerintah dalam menanganani permasalahan pengembangan potensi manusia untuk mencapai taraf hidup yang sejahtera salah satunya adalah dengan melakukan pemberdayaan. Pemberdayaan masyarakat sangat diperlukan oleh semua masyarakat desa sebagai upaya untuk menaikkan taraf hidup dan meningkatkan kualitas, kemampuan serta keterampilan masyarakat. Pemberdayaan tersebut mendapat bantuan dana yang disebut Dana Desa dimana dana tersebut digunakan untuk kegiatan fisik (infrastruktur) dan non fisik (pemberdayaan masyarakat). Desa Wanar merupakan salah satu desa yang mendapatkan Dana Desa sejak tahun 2015. Dilihat dari perbedaan jumlah dana untuk pembangunan insfrastruktur dengan pemberdayaan masyarakat di tahun 2017 menjadikan ketertarikan penulis dalam penulisan skrispi ini untuk melihat dampak pemberdayaan terhadap peningkatan sumber daya manusia di desa tersebut. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menggambarkan pemberdayaan masyarakat melalui Dana Desa mulai dari proses sampai dengan pelaksanaan program kegiatan pemberdayaan terhadap peningkatan sumber daya manusia di Desa Wanar dan mengetahui apa saja hasil atau dampak yang diperoleh masyarakat di Desa Wanar. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber atau informan dalam penelitian ini terdiri dari 8 orang meliputi perangkat desa, ketua PKK, anggota PKK, anggota Linmas, kader posyandu dan posbindu dan pemuda Desa Wanar. Hasil dari penelitian ini yaitu proses dari penyelenggaraan program kegiatan pemberdayaan tersebut terbentuk dari adanya musyawarah yang melibatkan langsung masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyaluran ide kegiatan pemberdayaan yang akan dilakukan sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat itu sendiri. Tahap awal musyawarah dilakukan ditingkat RT, kemudian dusun, setelah ditingkat dusun kemudian berlanjut pada musyawarah tingkat desa. Setelah mengerucut dan mendapatkan ide atau gagasan program pemberdayaan maka tahap selanjutnya adalah pembentukan tim penyelenggara kegiatan pemberdayaan yang diambil dari perangkat desa dan juga masyarakat. Dampak dari pemberdayaan masyarakat yang dilakukan di Desa Wanar memapu memenuhi dua indikator kualitas sumber daya manusia yaitu yang pertama aspek kualitas fisik serta kesehatan, aspek intelektual (pengetahuan dan keterampilan), aspek ekonomi dan aspek sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suisyanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Dana Desa, Peningkatan Sumber Daya Manusia
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Dec 2019 08:23
Last Modified: 05 Dec 2019 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36812

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum