HUBUNGAN TERPAAN BERITA REUNI 212 DI MEDIA MASSA TERHADAP SIKAP MASYARAKAT KAMPUNG JOGOKARIYAN RW 10 MANTRIJERON YOGYAKARTA DALAM MEMILIH CALON PRESIDEN 2019

MIFTAHUL ILMI, NIM. 15210066 (2019) HUBUNGAN TERPAAN BERITA REUNI 212 DI MEDIA MASSA TERHADAP SIKAP MASYARAKAT KAMPUNG JOGOKARIYAN RW 10 MANTRIJERON YOGYAKARTA DALAM MEMILIH CALON PRESIDEN 2019. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN TERPAAN BERITA REUNI 212 DI MEDIA MASSA TERHADAP SIKAP MASYARAKAT KAMPUNG JOGOKARIYAN RW 10 MANTRIJERON YOGYAKARTA DALAM MEMILIH CALON PRESIDEN 2019)
15210066_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN TERPAAN BERITA REUNI 212 DI MEDIA MASSA TERHADAP SIKAP MASYARAKAT KAMPUNG JOGOKARIYAN RW 10 MANTRIJERON YOGYAKARTA DALAM MEMILIH CALON PRESIDEN 2019)
15210066_BAB II_sampai_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Pemanfaatan media komunikasi massa telah mengalami perkembangan yang cukup berarti yaitu begitu mudahnya masyarakat mendapatkan informasi melalui media massa. Dari informasi yang disampaikan oleh media massa bisa juga mempengaruhi dari kehidupan masyarakat. Informasi yang disampaikan salah satunya adalah berita. Seperti halnya pemberitaan reuni 212 yang terjadi pada tanggal 2 Desember 2018. Acara reuni 212 merupakan acara untuk memperingati Aksi Bela Islam yang menuntut mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang dianggap telah menistakan agama Islam. Acara Reuni 212 menimbulkan Pro dan kontra di masyarakat, ada yang menganggap acara tersebut murni acara keagamaan , namun tidak sedikit yang menduga bahwa acara reuni 212 tersebut sebagai alat politik dan adanya unsur kepentingan politik, karena mengingat pada tahun 2018 merupakan tahun politik dalam menghadapi pilpres 2019. Berdasarkan konteks diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan terpaan berita reuni 212 di media massa terhadap sikap masyarakat Kampung Jogokariyan RW 10 Mantrijeron Yogyakarta dalam memilih calon presiden 2019. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori SOR (Stimulus Organism Response). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, dengan metode survei dimana teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan rumus Slovin, sehingga mendapat sampel berjumlah 84 responden. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Analisis data menggunakan analisis parametric dengan rumus Person Product Moment dengan perhitungan menggunakan bantuan SPSS versi 16. Berdasarkan hasil penghitungan korelasi antara variabel X dan variabel Y menggunakan Pearson’s Correlation (Product Moment) diperoleh koefisien korelasi sebesar 0.807 dengan taraf signifikasi 0.000 (< 0.05) sehingga dapat diartikan bahwa terdapat korelasi (hubungan) sangat kuat yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Dengan demikian, hasil tersebut telah menjawab hipotesis dalam penelitian ini bahwa terdapat hubungan antara terpaan berita reuni 212 di media massa terhadap sikap masyarakat Kampung Jogokariyan RW 10 Mantrijeron Yogyakarta dalam memilih calon presiden 2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.HamdanDaulay, M.A., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Terpaan Media Massa, Berita Reuni 212, Sikap Masyarakat dalam Memilih Calon Presiden
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Dec 2019 08:31
Last Modified: 05 Dec 2019 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36815

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum