PENDAMPINGAN ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI PUSAT LAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK INTEGRATIF (PLKSAI) KLATEN

MUHAMMAD ANAS AKHSANI, NIM .15250080 (2019) PENDAMPINGAN ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI PUSAT LAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK INTEGRATIF (PLKSAI) KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDAMPINGAN ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI PUSAT LAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK INTEGRATIF (PLKSAI) KLATEN)
15250080_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDAMPINGAN ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI PUSAT LAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK INTEGRATIF (PLKSAI) KLATEN)
15250080_BAB-II_Sampai_Sebelum-BAB-Terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB)

Abstract

Muhammad Anas Akhsani, Pendampingan Anak Korban Kekerasan Seksual Di Pusat Layanan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PLKSAI) Klaten, Skripsi, Yogyakarta Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Fenomena saat sekarang ini tidak dapat dipungkiri bahwa anak juga termasuk dari salah satu Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang mengalami permasalahan sosial, terutama masalah yang berhadapan dengan hukum. Untuk menangani kasus anak yang semakin meningkat, Pemerintah Kabupaten Klaten telah memiliki lembaga yang bergerak dibidang perlindungan anak yaitu Pusat Layanan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PLKSAI) Klaten. Berdasarkan data dari PLKSAI Klaten tahun 2018 terdapat 161 kasus (21 kasus merupakan kasus kekerasan seksual). Pendampingan yang dilakukan oleh PLKSAI Klaten yaitu berupa bantuan hukum dan juga bantuan secara psikososial agar mengembalikan kondisi psikologi dan sosial anak yang sedang berhadapan dengan hukum tersebut dengan melakukan intervensi melalui tenaga pekerja sosial yang ada di lembaga tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian kualitatif deskiptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Validitas data dilihat dengan menggunakan teknik triangulasi data, sedangkan analisis data melalui tiga proses yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian PLKSAI Klaten dalam menangani kasus kekerasan seksual melakukan pendampingan malalui empat aspek yaitu : pendampingan hukum, pendampingan medis, pendampingan psikologis dan pendampingan sosial. Pendampingan anak korban kekerasan seksual di PLKSAI Klaten menggunakan manajemen kasus yang terdiri dari : Engagement, Assesment, Perencanaan Intervensi, Intervensi, Evaluasi dan Terminasi. Pendampingan dilakukan dengan cara home visit setelah mendapatkan laporan dari pihak-pihak baik kepolisian, masyarakat maupun keluarga mengenai kasus kekerasan yang dialami anak di suatu tempat. Melalui penelitian, diketahui pula bahwa terdapat faktor penghambat yang mempengaruhi pendampingan anak kekerasan seksual yang dilakukan oleh PLKSAI Klaten. Dari hasil penelitian ini, saran yang peneliti ajukan, yaitu: Kepada korban/keluarga korban kekerasan seksual hendaknya untuk segera melapor kepada pihak kepolisian atau PLKSAI Klaten agar kasus tersebut segera di tangani. Bagi PLKSAI Klaten Perlu ditingkatkan lagi fasilitas kegiatan pendampingan, penambahan SDM dalam penanganan dan pelayanan sosial, Serta peningkatan koordinasi PLKSAI dengan instansi atau lembaga terkait

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Solechah, S.Sos,I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendampingan, Anak Korban Kekerasan Seksual, PLKSAI Klaten
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Dec 2019 08:45
Last Modified: 05 Dec 2019 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36817

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum