DAMPAK KOPERASI UNIT DESA (KUD) TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN ANGGOTA (STUDI KASUS KUD MOJOSONGO, KABUPATEN BOYOLALI)

Siti Munawaroh, NIM .15250085 (2019) DAMPAK KOPERASI UNIT DESA (KUD) TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN ANGGOTA (STUDI KASUS KUD MOJOSONGO, KABUPATEN BOYOLALI). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DAMPAK KOPERASI UNIT DESA (KUD) TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN ANGGOTA (STUDI KASUS KUD MOJOSONGO, KABUPATEN BOYOLALI))
15250085_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK KOPERASI UNIT DESA (KUD) TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN ANGGOTA (STUDI KASUS KUD MOJOSONGO, KABUPATEN BOYOLALI))
15250085_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (770kB)

Abstract

Munculnya suatu hal, aktivitas, maupun pembangunan akan memberikan dampak pada semua pihak yang terlibat di dalamnya. Sama halnya dengan berdirinya KUD Mojosongo yang memberikan dampak kepada anggotanya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana dampak adanya KUD Mojosongo terhadap pemenuhan kebutuhan anggota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan informan dari penelitian ini adalah anggota KUD Mojosongo yang bekerja sebagai peternak sapi perah. Penelitian ini menggunakan teori mengenai kesejahteraan, koperasi dan hirarki kebutuhan Abraham Maslow yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan cinta dan memiliki, kebutuhan akan harga diri dan aktualisasi diri. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan teknik wawancara semi terstruktur. Hasil dari penelitian ini adalah adanya KUD Mojosongo memberikan dampak positif pada anggota dengan memberikan kemudahan dalam mendapatkan pinjaman modal dan mempermudah penjualan hasil susu. Tidak ada dampak negatif yang diberikan dari adanya KUD. Terkait pemenuhan kebutuhan, sebelum dan sesudah menjadi anggota KUD tidak begitu ada perbedaan yang jauh. Sebelum menjadi anggota KUD, peternak sudah bisa memenuhi kebutuhannya dalam hal cinta dan rasa memiliki, serta harga diri. Sebelum ada KUD, peternak sudah saling memberikan perhatian dan berbagi ilmu satu dengan lainnya. Setelah menjadi anggota KUD, terjadi perubahan terhadap pemenuhan kebutuhan fisiologis, rasa aman dan aktualisasi diri.Perbedaannya adalah mereka bisa mengabil kebutuhan mereka terlebih dulu tanpa membayar di WASERDA KUD. Kemudian mereka juga merasa aman menyetorkan susu mereka ke KUD, tanpa takut uangnya akan dibawa kabur. KUD juga memberikan dukungan untuk mengembangkan potensi dibidang peternakan dengan cara mengikut sertakan anggota dalam kegiatan diklat dan penyuluhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Dampak, KUD, Kebutuhan, Kesejahteraan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Dec 2019 08:58
Last Modified: 05 Dec 2019 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36820

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum