PENGARUH MENONTON TALKSHOW RELIGI MAMAH DAN AA BERAKSI DI INDOSIAR TERHADAP MINAT IKUT PENGAJIAN JAMAAH MAJELIS TA’LIM AL-HIDAYAH GRUJUGAN, PETANAHAN, KEBUMEN

Ma’rifatul Choeriyah, NIM 15210075 (2019) PENGARUH MENONTON TALKSHOW RELIGI MAMAH DAN AA BERAKSI DI INDOSIAR TERHADAP MINAT IKUT PENGAJIAN JAMAAH MAJELIS TA’LIM AL-HIDAYAH GRUJUGAN, PETANAHAN, KEBUMEN. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENONTON TALKSHOW RELIGI MAMAH DAN AA BERAKSI DI INDOSIAR TERHADAP MINAT IKUT PENGAJIAN JAMAAH MAJELIS TA’LIM AL-HIDAYAH GRUJUGAN, PETANAHAN, KEBUMEN)
15210075_BAB I_V _DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MENONTON TALKSHOW RELIGI MAMAH DAN AA BERAKSI DI INDOSIAR TERHADAP MINAT IKUT PENGAJIAN JAMAAH MAJELIS TA’LIM AL-HIDAYAH GRUJUGAN, PETANAHAN, KEBUMEN)
15210075_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Televisi merupakan media massa elektronik berbasis audio visual. Tayangan televisi merupakan sebuah tayangan yang bersifat menghibur, mendidik, dan juga untuk menginformasikan. Salah satu tayangan yang bersifat mendidik dan positif sebagai media pembelajaran keagamaan yaitu talkshow religi Mamah dan Aa Beraksi di Indosiar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menonton talkshow religi Mamah dan Aa Beraksi terhadap minat ikut pengajian jamaah majelis ta’lim Al Hidayah Grujugan, Petanahan, Kebumen. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori intensitas menonton, minat, dan teori Stimulus Organism Respon (S-O-R). Uji validitas dengan teknik korelasi Product Moment Karl Pearson dan reliabilitas menggunakan metode Cronbach’s Alpha yang dihitung menggunakan Microsoft Excel dengan bantuan SPSS 23. Sedangkan untuk metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Selanjutnya, untuk jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 57 responden dengan teknik pengambilan sampel teknik acak (random sampling). Analisis datanya adalah jenis analisis statistik non parametik dengan menggunakan uji prasyarat normalitas, linearitas, dan analisis regresi linear sederhana. Kemudian untuk mencari hubungan yakni pengaruh dari intensitas menonton Mamah dan Aa Beraksi di Indosiar terhadap minat ikut pengajian jamaah majelis ta’lim Al Hidayah Gujugan, Petanahan, Kebumen menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Diketahui hasil nilai koefisien korelasi antara variabel intensitas menonton talkshow religi Mamah dan Aa Beraksi terhadap minat ikut pengajian jamaah majelis ta’lim Al Hidayah terdapat hubungan yang signifikan yaitu dengan nilai koefisien korelasi 0,616 > 0,2609 (r tabel) dan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha (Hipotesis Alternative) diterima, ada pengaruh menonton talkshow religi Mamah Aa Beraksi di Indosiar terhadap minat pengajian jamaah majelis ta’lim Al Hidayah dan Ho (Hipotesis Nol) ditolak, tidak adanya pengaruh menonton talkshow religi Mamah Aa Beraksi di Indosiar terhadap minat pengajian jamaah majelis ta’lim Al Hidayah. Nilai R square sebesar 0,380, nilai ini yang mengandung arti bahwa pengaruh menonton talkshow religi Mamah dan Aa Beraksi terhadap minat pengajian jamaah majelis ta’lim Al Hidayah adalah sebesar 38%. Sedangkan untuk pengaruh menonton talkshow religi Mamah dan Aa Beraksi terhadap minat ikut pengajian paling banyak masuk kategori tingkat menonton tinggi sebanyak 50 responden dan minat pengajiannya pun tinggi sebanyak 49 responden dari 57 responden dalam pengolahan data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.Si., M.A
Uncontrolled Keywords: Menonton, Minat
Subjects: Komunikasi Budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Dec 2019 09:37
Last Modified: 05 Dec 2019 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36826

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum