KOMODIFIKASI AGAMA DALAM IKLAN DOMESTIK (ANALISIS SEMIOTIK PADA TAYANGAN IKLAN KULKAS HALAL SHARP DAN PASTA GIGI SASHA)

Pendi Cahyono, NIM 15210097 (2019) KOMODIFIKASI AGAMA DALAM IKLAN DOMESTIK (ANALISIS SEMIOTIK PADA TAYANGAN IKLAN KULKAS HALAL SHARP DAN PASTA GIGI SASHA). Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (KOMODIFIKASI AGAMA DALAM IKLAN DOMESTIK (ANALISIS SEMIOTIK PADA TAYANGAN IKLAN KULKAS HALAL SHARP DAN PASTA GIGI SASHA))
15210097_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (KOMODIFIKASI AGAMA DALAM IKLAN DOMESTIK (ANALISIS SEMIOTIK PADA TAYANGAN IKLAN KULKAS HALAL SHARP DAN PASTA GIGI SASHA))
15210097_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami, dan mendiskripsikan serta menjelaskan makna tanda-tanda komodifikasi agama pada tayangan iklan kulkas halal Sharp dan pasta gigi Sasha. Penelitian ini dilatarbelakangi maraknya iklan-iklan yang mendadak religius di berbagai media massa di Indonesia. Indonesia yang merupakan negara muslim terbesar di dunia tentunya menimbulkan potensi pasar muslim yang cukup besar. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi realitas dan teori komodifikasi agama. Penelitian ini termasuk jenis penelitian analisis isi kritis dengan pendekatan kualitatif. Analisis yang digunakan adalah semiotika menurut Charles Sander Peirce. Iklan kulkas halal Sharp dan pasta gigi Sasha menjadi data utama yang digunakan serta data pendukung yang digunakan adalah data-data yang diperoleh dari buku, jurnal maupun media massa seperti internet yang relevan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang diperoleh dari iklan kulkas halal sharp dan iklan pasta gigi Sasha. Setelah dilakukan analisis dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini yang menunjukkan adanya komodifikasi agama yang muncul pada iklan kulkas halal sharp dan iklan pasta gigi Sasha. Penggunaan unsur-unsur agama dalam iklan kulkas halal Sharp sangat kuat terutama dengan adanya sertifikat halal yang digunakan sebagai media promosi dibandingkan dengan menawarkan keunggulan yang lain. Dalam iklan pasta gigi Sasha kepentingan pengiklan untuk mengajak masyarakat/konsumen terlihat melalui visual tanda-tanda keagamaan menjadi sesuatu yang mutlak untuk mendapatkan simpati dan empati khalayak untuk membeli dan menggunakan pasta gigi sasha. Berangat dari hal tersebut peneliti menyadari bahwa atribut yang digunakan hanyalah sebagai konsep cerita yang bertujuan untuk mempromosikan produk. Hal ini merupakan pengalihan fungsi guna atau berbaliknya keimanan dan simbol-simbol agama menjadi sesuatu yang dapat diperjual belikan untuk mendapatkan keuntungan seperti teori yang disampaikan oleh Greg Fealy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Evi Septiani Tavip Hayati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi agama, Iklan domestic
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Dec 2019 10:43
Last Modified: 05 Dec 2019 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36832

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum