PENERAPAN STRATEGI GROUP TO GROUP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN VIRUS UNTUK SISWA KELAS X-2 MAN SABDODADI BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010.

ERLIN UMI HANIK - NIM. 05450009, (2010) PENERAPAN STRATEGI GROUP TO GROUP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN VIRUS UNTUK SISWA KELAS X-2 MAN SABDODADI BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI GROUP TO GROUP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN VIRUS UNTUK SISWA KELAS X-2 MAN SABDODADI BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI GROUP TO GROUP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN VIRUS UNTUK SISWA KELAS X-2 MAN SABDODADI BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbaikan pembelajaran Biologi melalui penerapan strategi Group to group sebagai upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Biologi pada pokok bahasan virus untuk siswa kelas X-2 MAN Sadodadi Bantul Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan memberikan tindakan penelitian pada subjek penelitian dalam dua siklus pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 MAN Sadodadi Bantul tahun ajaran 2009/2010. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan membagi siswa menjadi empat kelompok, masing-masing kelompok diberi hand out untuk didiskusikan sesama teman kelompok dan bertugas menyiapkan penyajian presentasi oleh presentator yang telah ditunjuk oleh kelompoknya. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan presentasi masing-masing perwakilan kelompok. Data yang dikumpulkan berupa data motivasi dan prestasi belajar siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya semua indikator motivasi belajar. Selain itu prestasi siswa juga mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pada siklus I terjadi peningkatan antara rerata nilai pre test dengan rerata nilai post test yakni sebesar 1,2 dan pada siklus II terjadi peningkatan pula pada rerata nilai pre test dan post test yakni sebesar 1,6. Antara rerata nilai post test siklus I dengan rerata nilai post test siklus II terdapat selisih atau effect size sebesar 2,5. Dengan demikian, penelitian dengan menggunakan strategi Group to group pada pembelajaran Biologi pada pokok bahasan virus dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X-2 MAN Sabdodadi Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010 dalam dua siklus pembelajaran..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Satino, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Group to group, Motivasi, Prestasi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 15 Aug 2012 20:51
Last Modified: 13 Dec 2016 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3686

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum