ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIMPANGAN PENDAPATAN ANTAR KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2012-2017

AHMAD KHAERUZZAD, NIM: 13810050 (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIMPANGAN PENDAPATAN ANTAR KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2012-2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIMPANGAN PENDAPATAN ANTAR KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2012-2017)
13810050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIMPANGAN PENDAPATAN ANTAR KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2012-2017)
13810050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (638kB)

Abstract

Ketimpangan pendapatan merupakan salah satu masalah yang sering terjadi dalam pembangunan ekonomi. Perbedaan potensi dan karakteristik wilayah pada setiap kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat Tahun 2012-2017 menyebabkan ketidakmerataan hasil pembangunan dan kesenjangan distribusi pendapatan. Secara teoritik kemiskinan dipengaruhi beberapa faktor yaitu pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), kemiskinan dan jumlah penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana pengaruh pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia, kemiskinan dan jumlah penduduk terhadap ketimpangan pendapatan antar Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat. Data yang digunakan berupa cross section 25 kabupaten atau kota dan time series selama enam tahun, yaitu dari tahun 2012-2017. Data yang digunakan diperoleh dari Badan Pusat Statistika Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan yaitu dengan analisis regresi data panel analisis Fixed Effect model. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa seluruh variabel pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia, kemiskinan, jumlah penduduk dan variabel dummy berpengaruh simultan terhadap ketimpangan pendapatan di Jawa Barat. Secara parsial variabel pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan ketimpangan pendapatan. Indeks Pembangunan Manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan. Kemiskinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan. Variabel dummy berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan. Sedangkan, Jumlah penduduk tidak berpengaruh terhadap ketimpangan pendapatan di Provinsi Jawa Barat tahun 2012-2017.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ghafur Wibowo, SE., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Ketimpangan pendapatan, pertumbuhan ekonomi, indeks pembangunan manusia, kemiskinan, jumlah penduduk
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Dec 2019 08:19
Last Modified: 11 Dec 2019 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36912

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum