NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KANDUNGAN QS AL-KAHFI AYAT 62-82 MENURUT TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK

Yoga Pratama Putra, NIM. 12410078 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KANDUNGAN QS AL-KAHFI AYAT 62-82 MENURUT TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KANDUNGAN QS AL-KAHFI AYAT 62-82 MENURUT TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK)
12410078_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KANDUNGAN QS AL-KAHFI AYAT 62-82 MENURUT TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK)
12410078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah munculnya berbagai kasus pendidikan di Indonesia mulai dari kasus kekerasan kepada murid dan kepada guru itu sendiri. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya kemampuan guru dalam mengatur pembelajaran ataupun peserta didik sehingga banyak peserta didik kurang menghargai guru bahkan berani menentang guru. Kemampuan itu sering disebut dengan kompetensi pedagogik. Kompetensi tersebut berupa pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum atau Silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya, serta melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan dalam kandungan QS. Al-Kahfi ayat 62-82 menurut tafsir al-misbah karya M. Quraish Shihab dan relevansinya dengan kompetensi pedagogik Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang menggunakan buku tafsir Al-Misbah sebagai sumber primer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi (countent analysis). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat nilai-nilai pendidikan dalam QS. Al-Kahfi ayat 62-82 menurut tafsir al-misbah karya M. Quraish Shihab. (2) Terdapat relevansi kompetensi pedagogik dengan ayat-ayat tersebut sesuai dengan Peraturan Mentri Pendidikan Nasional no. 16 tahun 2007. Kata Kunci : Nilai Pendidikan, Tafsir Al-Misbah, M. Quraish Shihab, Kompetensi Pedagogik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan, Tafsir Al-Misbah, M. Quraish Shihab, Kompetensi Pedagogik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2020 13:08
Last Modified: 16 Mar 2020 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36922

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum