KONSEP DAN IDEOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI (Studi Pemikiran KH. Abdurrahaman Wahid)

ARIF HIDAYAT, NIM. 12410117 (2019) KONSEP DAN IDEOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI (Studi Pemikiran KH. Abdurrahaman Wahid). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSEP DAN IDEOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI (Studi Pemikiran KH. Abdurrahaman Wahid))
12410117_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP DAN IDEOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI (Studi Pemikiran KH. Abdurrahaman Wahid))
12410117_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keprihatinan terhadap fenomena yang terjadi kekinian ini, yang oleh seorang futurolog yang cukup terkenal, Alvin Tofler diistilahkan dengan “kejutan masa depan” (future shock), untuk menggambarkan kedatangan arus besar dunia yang bernama globalisasi. Arus globalisasi ini tentu berdampak terhadap dunia pendidikan. Peneliti melihat bahwa dunia pendidikan di Indonesia masih belum punya konsep yang jelas sebagai acuan bagi dunia pendidikan, untuk menghadapi arus globalisasi. Maka dari itu menarik kiranya meneliti konsep pendidikan Islam era globalisasi KH. Abdurrahman Wahid yang salah satu cirinya adalah neomodernisme, dimana pendidikan Islam berusaha mengambil jalan tengah, tetap menjaga nilai-nilai tradisional dan menyerap modernisasi barat. Harapanya konsep ini bisa ditawarkan sebagai reverensi alternatif bagi dunia pendidikan di Indonesia. Dan dalam sebuah konsep pendidikan, pasti tidak dapat dilepaskan dari ideologi yang diusungnya. Penelitian ini akan menggali ideologinya dengan prespektif ideologi pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian Liberary Reseach dengan objek penelitian kepustakaan, baik buku, artikel, surat kabar dan lain-lain. Proses pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan teknik documenter. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis-filosofis dan juga metode analisa mengunakan content analisys atau analisis isi. Hasil penelitian ini adalah: konsep pendidikan Islam di era globalisasi prespektif KH. Abdurrahman Wahid mempunyai 3 inti pembahasan, yaitu: (1) tujuan pendidikan Islam, mencakup pendidikan Islam berbasis neomodernisme, pendidikan Islam berbasis pembebasan, dan pendidikan Islam berbasis multikulturalisme. (2) kurikulum pendidikan Islam, mencakup kurikulum pendidikan Islam sebagai pembentuk kepribadian islami, kurikulum pendidikan Islam sebagai pembentukan budaya islami, dan kurikulum pendidikan Islam sebagai ilmu kehidupan (pengembangan iptek, keahlian, dan keterampilan). (3) metode pendidikan Islam, mencakup strategi politik, kultural, dan sosio-kultural. Dan ideologi yang terkandung dalam konsep pendidikan Islam prespektif KH. Abdurrahman Wahid tersebut adalah ideologi yang bersifat eklektik. Hal ini menunjukkan bahwa ideologi pendidikan dalam konsep tersebut memiliki karakteristik tersendiri yang khas. Kata kunci: Konsep Pendidikan Islam, Ideologi Pendidikan KH. Abdurrahman Wahid, Globalisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan Islam, Ideologi Pendidikan KH. Abdurrahman Wahid, Globalisasi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Mar 2020 13:15
Last Modified: 16 Mar 2020 13:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36926

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum