KONSEP GURU IDEAL MENURUT J. SUMARDIANTA DALAM BUKU GURU GOKIL MURID UNYU DAN RELEVANSINYA DENGAN KONSEP GURU PAI

Muhammad Imam Taufiq, NIM. 12410119 (2019) KONSEP GURU IDEAL MENURUT J. SUMARDIANTA DALAM BUKU GURU GOKIL MURID UNYU DAN RELEVANSINYA DENGAN KONSEP GURU PAI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSEP GURU IDEAL MENURUT J. SUMARDIANTA DALAM BUKU GURU GOKIL MURID UNYU DAN RELEVANSINYA DENGAN KONSEP GURU PAI)
12410119_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP GURU IDEAL MENURUT J. SUMARDIANTA DALAM BUKU GURU GOKIL MURID UNYU DAN RELEVANSINYA DENGAN KONSEP GURU PAI)
12410119_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan tujuan pendidikan tidak bisa lepas dari peran guru, guru memiliki peran sentral dalam usaha mencapai tujuan pendidikan. oleh karena itu pendidikan yang baik harus memiliki guru yang ideal. Akan tetapi dalam realitanya, pendidikan kita masih menunjukan bahwa tidak sedikit guru yang kurang mampu mencerminkan peran strategisnya sebagai guru, bahkan banyak guru yang jauh dari garis jati diri keguruannya, landasan penguasaan norma-norma agama yang lemah, dan sejumlah penyakit sosial lainnya. Hal ini terbukti dari masih banyaknya kasus kekerasan yang dilakukan oleh guru terhadap murid. Oleh karena itu diperlukan guru yang ideal yang menguasai ilmu dengan baik mampu menjelaskan dengan baik apa yang diajarkannya. Disenangi oleh peserta didiknya karena cara mengajarnya yang enak didengar dan mudah dipahami. Tujuan penelitian ini yaitu penulis ingin mendeskripsikan tentang konsep guru gokil menurut J. Sumardianta dalam buku Guru Gokil Murid Unyu dan menganalisis relevansinya dengan konsep Guru PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Librabry Research) yaitu penelitian yang menggunakan pustaka atau literature sebagai sumber datanya. Peneliti menggunakan pendekatan analisis isi,sumber data yang peneliti gunakan adalah dengan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat. Metode analisis data deskriptif-kualitatif. J. Sumardianta adalah sosok guru inspiratif yang banyak melahirkan karya-karya tentang pendidikan. Ia lahir Ia merupaan alumnus IKIP Sanata Dharma tahun 1992. Ia sekarang bekerja sebagai seorang guru sosiologi di SMA Kolese De Britto Yogyakarta. selain menjadi guru ia juga aktif sebagai penulis buku dan esai-esai pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) konsep guru PAI ideal menurut J. Sumardianta adalah guru yang memiliki mental pemenang, guru yang selalu kontekstual, guru yang mampu berfikir di luar kebiasaan, guru yang altruistik, dan guru yang mampu menjadi teladan. 2) konsep guru PAI ideal yaitu guru yang memiliki lima kompetensi yang telah diatur dala PMA no 16 th 2010. 3) konsep guru ideal menurut J. Sumardianta dalam buku guru gokil murid unyu masih sangat relevan dengan konsep guru PAI ideal apalagi di tengah perkembangan era saat ini. Hal ini dikarenakan di masa ini guru harus selalu relevan dengan perkembangan era, dan mampu berfikir di luar kebiasaan untuk mendidik murid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: keguruan, konsep guru PAI ideal menurut J. Sumardianta
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Mar 2020 13:15
Last Modified: 16 Mar 2020 13:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36927

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum