IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA SISWA SMP N 2 NGEMPLAK

Bambang Luhur Budi Widiyatmoko, NIM. 12410254 (2019) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA SISWA SMP N 2 NGEMPLAK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA SISWA SMP N 2 NGEMPLAK)
12410254_BAB_I_IV.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA SISWA SMP N 2 NGEMPLAK)
12410254_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa sebelum menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Number Head Together (NHT) pada siswa kelas VIII SMP N 2 Ngemplak. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode pembelajaran kooperatif model Number Head Together untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada siswa SMP N 2 Ngemplak. (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan penerapan metode pembelajaran kooperatif model Number Head Together untuk meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur‟an pada siswa SMP N 2 Ngemplak. (4) Menguji secara empiris pengaruh metode pembelajaran model Numbered Head Together dalam meningkatkan kemampuan peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif karena penelitian nya berdasarkan pengalaman di lapangan. Juga menggunakan jenis penelitian ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 2 Ngemplak sebanyak 80 siswa dari 3 kelas. Kemudian di ambil sampel 2 kelas yang akan di jadikan kelas ekperimen dan kelas kontrol. Dan selanjutnya di berlakukan berupa perlakuan yang berbeda ketika menerapkan salah satu metode pembelajaranya. Hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan membaca Al-Qur‟an sebelum menerapkan metode Number Head Together (NHT) siswa kelas VIII SMP N 2 Ngemplak diukur dengan pre test dengan nilai rata – rata kelas eksperimen 67,70 dan kelas kontrol 67,50 (2) pelaksanaan penerapan metode pembelajaran kooperatif model Number Head Together untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa SMP N 2 Ngemplak pada kelas eksperimen menggunakan metode Numbered Head Together sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional berupa ceramah (3) hasil belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran kooperatif model Number Head Together untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa SMP N 2 Ngemplak dapat diukur dengan post test yaitu kelas eksperimen dengan nilai rata – rata 80 dan kelas kontrol 69,62 (4) pengaruh penerapan metode NHT Numbered Head Together terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an pada siswa SMP N 2 Ngemplak berdasarkan uji statitsika non parametrik yaitu uji Mann whitney dengan nilai Asymp.sig sebesar 0,949 >0,05 untuk nilai pre test maka hipotesis ditolak dan 0,000 < 0,05 untuk nilai post test maka hipotesis diterima Kata Kunci : Model pembelajaran, Metode, peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Metode, peserta didik
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Mar 2020 13:17
Last Modified: 16 Mar 2020 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36938

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum