PENGGAMBARAN PEREMPUAN ARAB SAUDI OLEH MEDIA DARING (Analisis Wacana Kritis Fairclough pada Media Al-Jazirah Online dan Al-Madina)

Rifa’atul Mahmudah, NIM. 16201010016 (2019) PENGGAMBARAN PEREMPUAN ARAB SAUDI OLEH MEDIA DARING (Analisis Wacana Kritis Fairclough pada Media Al-Jazirah Online dan Al-Madina). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGAMBARAN PEREMPUAN ARAB SAUDI OLEH MEDIA DARING (Analisis Wacana Kritis Fairclough pada Media Al-Jazirah Online dan Al-Madina))
16201010016_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGGAMBARAN PEREMPUAN ARAB SAUDI OLEH MEDIA DARING (Analisis Wacana Kritis Fairclough pada Media Al-Jazirah Online dan Al-Madina))
16201010016_ BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

KSA (Kingdom of Saudi Arabia) adalah salah satu negara Arab dengan sistem kerajaannya yang otoriter. Bahkan, banyak kebijakan yang timpang antara laki-laki dan perempuan. Perempuan Saudi banyak tidak mendapatkan hak-hak mereka layaknya perempuan-perempuan di beberapa negara lain. Tesis ini mengangkat wacana transformasi perkembangan perempuan Arab seiring dengan proses realisasi visi 2030 kerajaan pada berbagai ranah, yaitu ekonomi, politik, budaya, sosial, dan pendidikan, pada berita yang terdapat di media daring Al-Jazirah Online. Untuk mengetahui hal tersebut digunakan pisau teori analisis wacana kritis Norman Fairclough, dengan tiga kerangka kerjanya, yaitu analisis tekstual, praktik wacana, dan praktik sosiokultural. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana media menggambarkan perempuan Arab dalam pilihan kata yang digunakan? (2) bagaimana proses praktik wacana perempuan Arab dalam media? (3) Praktik sosiokultural seperti apa yang ada di dalam media yang terkait dengan perempuan Arab? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dianalisis menggunakan teknik analisis wacana kritis menurut Fairclough, yakni (a) analisis teks bahasa, (b) analisis praksis wacana, (3) analisis praksis sosiokultural, yang terdiri dari analisis konteks situasi, sosial, dan institusi. Hasil penelitian yang diperoleh melalui analisis dengan menggunakan kerangka tiga dimensi Fairclough diantaranya: (1) berdasarkan analisis deskriptif, perempuan digambarkan dengan citra yang positif. (2) Berdasarkan analisis praktik wacana, memperlihatkan bahwa wartawan menggunakan berbagai aktor sosial yang kebanyakan dari pihak pemerintah untuk menunjukkan keseriusan dalam upaya pemberdayaan dan peningkatan taraf hidup perempuan Arab sebagai misi merealisasikan visi 2030. (3) Berdasarkan praktik sosiokultural menunjukan bahwa transformasi di kerajaan terhadap beberapa kebijakan perempuan di berbagai sektor, dilatarbelakangi oleh kepentingan ekonomi (economic interest), kerajaan mencoba keluar dari bergantung pada minyak ke ekonomi pasca-minyak (post-oil), dengan mendiversifikasi ekonomi kerajaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Sugeng Sugiyono, M.A
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Arab, Media, Daring, Analisis Wacana Kritis
Subjects: Islam dan Tradisi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Kajian Timur Tengah
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Dec 2019 14:11
Last Modified: 12 Dec 2019 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36964

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum