ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBIAYAAN UMKM DI INDONESIA TAHUN 2013-2017 (Studi Kasus Sektor Industri Pengolahan)

MUHAMMAD ILHAM CHALWANI, NIM. 15810106 (2019) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBIAYAAN UMKM DI INDONESIA TAHUN 2013-2017 (Studi Kasus Sektor Industri Pengolahan). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBIAYAAN UMKM DI INDONESIA TAHUN 2013-2017 (Studi Kasus Sektor Industri Pengolahan))
15810106_BAB-I-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBIAYAAN UMKM DI INDONESIA TAHUN 2013-2017 (Studi Kasus Sektor Industri Pengolahan))
15810106_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis mengenai faktor yang mempengaruhi pembiayaan UMKM pada sektor Industri Pengolahan. Perkembangan dari industri pengolahan di Indonesia yang semakin menjajikan mendorong pemerintah untuk mencanangkan program Industri 4.0 (four point zero). Sedangkan pemodalan UMKM khususnya pada sektor industri pengolahan begitu penting dalam mengatasi kemiskinan, pengangguran serta pertumbuhan ekonomi secara nasional. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak variabel internal perbankan berupa Dana Pihak Keiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Non Performing Loan (NPL) serta variabel eksternal perbankan seperti Indeks Produksi Industri (IPI) terhadap pembiayaan UMKM sektor industri pengolahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Error Correction Model (ECM) dengan periode penelitian dari Januari 2013 hingga Desember 2017. Objek penelitian ini adalah sektor industri pengolahan di Indonesia. Dari hasil analisis Error Correction Model (ECM) dapat disimpulkan bahwa dalam jangka panjang variabel DPK dan NPL berpengaruh terhadap pembiayaan UMKM sektor industri pengolahan sedangkan dua variabel lainnya yaitu CAR dan IPI tidak berpengaruh dalam jangka panjang. Dalam pengujian jangka pendek hanya variabel CAR yang berpengaruh terhadap pembiayaan UMKM sektor industri pengolahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: LAILATIS SYARIFAH, Lc, M.A.
Uncontrolled Keywords: UMKM, DPK, CAR, NPL, IPI, Error Correction Model
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Dec 2019 08:38
Last Modified: 13 Dec 2019 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36969

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum