EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI BALAI PELAYANAN SOSIAL TRESNO WERDHA (BPSTW) UNIT ABIYOSO YOGYAKARTA

Lutfi Kusuma Dewi, NIM. 1520311077 (2019) EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI BALAI PELAYANAN SOSIAL TRESNO WERDHA (BPSTW) UNIT ABIYOSO YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI BALAI PELAYANAN SOSIAL TRESNO WERDHA (BPSTW) UNIT ABIYOSO YOGYAKARTA)
1520311077_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI BALAI PELAYANAN SOSIAL TRESNO WERDHA (BPSTW) UNIT ABIYOSO YOGYAKARTA)
1520311077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penyelenggaraan pelayanan program Bimbingan dan Konseling Islami di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha (BPSTW) Unit Abiyoso Yogyakarta ditengah berbagai macam persoalan warga lansia didalamnya membutuhkan perhatian dan perbaikan terus menerus. Untuk itu dibutuhkan berbagai informasi tentang keterlaksanaan program Bimbingan dan Konseling Islami yang ada, selama proses berlangsung. Dari informasi tersebut nantinya akan digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat ketika mengambil keputusan tindak lanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengolah, dan menganalisis data tentang (1) Persoalan mental spiritual yang ada di komunitas lansia Balai Pelayanan Sosial Tresno Werdha (BPSTW) Unit Abiyoso Yogyakarta, (2) Pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling Islami (BKI) yang diselenggarakan di Balai Pelayanan Sosial Tresno Werdha (BPSTW) Unit Abiyoso Yogyakarta, (3) Hasil Evaluasi Program dari pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling Islami (BKI) di BPSTW Unit Abiyoso Yogyakarta. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif naturalistik dengan memilih fokus penelitian menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Persoalan Mental spiritual di BPSTW unit Abiyoso meliputi: Perbedaan pemahaman agama, takut kematian, enggan menjalankan ibadah, pendampingan dan pemantauan beribadah, sulit menerima nasihat , dan kesepian. (2) Pelaksanaan program BKI di BPSTW unit Abiyoso meliputi: Program klien rutin dan pelayanan khusus, program klien Day Care Service, rekreasi dakwah, kunjungan ke ruang isolasi, kunjungan ke wisma-wisma, dan Case Conference (CC). (3) Hasil Evaluasi Program dari pelaksanaan program BKI di BPSTW unit Abiyoso meliputi: Tujuan dari program Bimbingan Mental dan Rohani di BPSTW unit Abiyoso Yogyakarta belum bisa terukur dengan baik, perlu adanya kesamaan perspektif dari semua pihak yang ada di BPSTW unit Abiyoso Yogyakarta mengenai target yang harus dicapai dalam perkembangan mental spiritual dari masing-masing klien, pelaksanaan program Bimbingan Mental dan Rohani di BPSTW unit Abiyoso Yogyakarta berjalan sesuai dengan jadwal, program Bimbingan Mental dan Rohani di BPSTW unit Abiyoso memiliki kekuatan yang positif bagi para klien, adapun kelemahan dari program menjadi tugas tersendiri untuk terus dievaluasi dan diperbaiki.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Suyadi, S. Ag., M.A.,
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Bimbingan Konseling Islami, Balai Pelayanan Sosial Tresno Werdha.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Dec 2019 13:42
Last Modified: 13 Dec 2019 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36976

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum