PEMETAAN POSISI LAYANAN JASA PERBANKAN MENGGUNAKAN CANVAS STRATEGY (Studi Kasus di PT. Bank Rakyat Indonesia KC Katamso Yogyakarta)

EVI RIYANTI, NIM. 15660014 (2019) PEMETAAN POSISI LAYANAN JASA PERBANKAN MENGGUNAKAN CANVAS STRATEGY (Studi Kasus di PT. Bank Rakyat Indonesia KC Katamso Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMETAAN POSISI LAYANAN JASA PERBANKAN MENGGUNAKAN CANVAS STRATEGY (Studi Kasus di PT. Bank Rakyat Indonesia KC Katamso Yogyakarta))
15660014_BAB I_BAB_V_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMETAAN POSISI LAYANAN JASA PERBANKAN MENGGUNAKAN CANVAS STRATEGY (Studi Kasus di PT. Bank Rakyat Indonesia KC Katamso Yogyakarta))
15660014_BAB II_S.D._BAB IV.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Canvas strategy adalah alat atau tools dalam blue ocean strategy yang berfungsi untuk memetakan posisi dari setiap industri produk ataupun jasa yang sejenis. Obyek dalam penelitian ini adalah BRI, dimana BRI merupakan bank BUMN dengan aset terbesar di Indonesia. Studi kasusnya yaitu BRI KC Katamso Yogyakarta. Tujuan dalam penelitian ini adalah bank BRI dapat melihat posisi dari bank sejenis berdasar kualitas jasa layanan yang diberikan kepada nasabah dengan bantuan tools canvas strategy. Tujuan yang kedua yaitu untuk mengetahui posisi cluster yang sama dengan BRI. Analisa cluster menggunakan metode K-Means dengan penentuan tiga cluster yakni cluster A, B, dan C. Berdasar pengolahan canvas strategy, maka BRI menempati posisi ketiga di antara bank yang lain. Sementara itu, berdasar analisa cluster, maka BRI berada dalam satu cluster dengan Mandiri yakni berada di cluster C. Tujuan yang terakhir yaitu untuk mengetahui preferensi nasabah mengenai faktor apa yang menyebabkan nasabah memilih layanan jasa BRI KC Katamso Yogyakarta dengan metode analisa faktor. Berdasar analisa faktor, maka terdapat empat faktor yakni faktor pertama adalah kualitas IT BRI yang berisi variabel kecepatan server pelayanan, kemudahan aplikasi online, dan pemberian solusi. Faktor kedua yakni faktor representasi fisik pelayanan yang berisi variabel kerapian dan kenyamanan kantor cabang. Faktor ketiga adalah faktor layanan transaksi nasabah yang berisi variabel transaksi cepat dan tepat, keamanan transaksi, dan tampilan karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Tutik Farihah, S.T, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Layanan BRI, Canvas Strategy, Analisa Cluster, Analisa Fakto
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Dec 2019 09:28
Last Modified: 16 Dec 2019 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36993

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum