ANALISIS PENERAPAN LEAN SIX SIGMA UNTUK MEMINIMASI WASTE PADA PROSES PRODUKSI WAJAN (Studi Kasus di SP Alumnium Yogyakarta)

ERDIN DWI SUHARNANTA, NIM. 15660018 (2019) ANALISIS PENERAPAN LEAN SIX SIGMA UNTUK MEMINIMASI WASTE PADA PROSES PRODUKSI WAJAN (Studi Kasus di SP Alumnium Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENERAPAN LEAN SIX SIGMA UNTUK MEMINIMASI WASTE PADA PROSES PRODUKSI WAJAN (Studi Kasus di SP Alumnium Yogyakarta))
15660018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENERAPAN LEAN SIX SIGMA UNTUK MEMINIMASI WASTE PADA PROSES PRODUKSI WAJAN (Studi Kasus di SP Alumnium Yogyakarta))
15660018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Persaingan industri saat ini mengharuskan pelaku usaha untuk menemukan proses produksi yang lebih cepat dan efisien dengan kualitas produk yang baik. SP Alumunium merupakan industri pengecoran logam yang berlokasi di Dusun Sorogenen, Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalah alat rumah tangga serta aksesoris yang berbahan dasar alumunium dengan produk utamanya yaitu wajan. Berdasarkan analisis dengan pendekatan lean six sigma dapat diketahui bahwa waste yang berpengaruh pada proses produksi wajan di SP Alumunium adalah unnecessary inventory dengan nilai sigma 0.8, defect dengan nilai sigma 2.72981, inappropriate process dengan nilai sigma 2.7811, excessive transportation dengan nilai sigma 3.1557 dan unnecessary motion dengan nilai sigma 3.621855. Dari nilai sigma yang diperoleh tersebut dilakukan analisis dengan diagram pareto sehingga dapat disimpulkan bahwa 80% permasalahan disebabkan karena waste unnecessary inventory dan waste defect. Kemudian berdasarkan value stream mapping diperoleh lead time sebesar 18954.3398 dan nilai PCE sebesar 53.17 %. Pada analisis kemampuan proses untuk diameter dalam wajan diperoleh nilai Cp = 1.0143, Cpk = 0.5477 dan untuk diameter luar wajan diperoleh nilai Cp = 1.16487, Cpk = 1.1105. Usulan perbaikan yang dapat direkomendasikan adalah penerapan sistem kanban, pemberlakuan aturan izin tidak masuk kerja, penetapan SOP pencetakan, desain tatakan baru, penataan produk saat transportasi, pengecekan cetakan secara berkala, pemilihan supplier, penerangan di atas cetakan dan penggunaan alat pengukur suhu alumunium cair.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Trio Yonathan Teja Kusuma, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Diagram Pareto, Kemampuan Proses, Lean Six Sigma, PerbaikaN, Sigma, PCE.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Dec 2019 09:57
Last Modified: 16 Dec 2019 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36994

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum