IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING SOSIAL ISLAM DALAM MENANGANI PERMASALAHAN INTERAKSI SOSIAL SANTRI SMP ISLAM TERPADU DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL BINA UMAT MOYUDAN

Marwah Rusydiana, NIM. 1620310131 (2019) IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING SOSIAL ISLAM DALAM MENANGANI PERMASALAHAN INTERAKSI SOSIAL SANTRI SMP ISLAM TERPADU DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL BINA UMAT MOYUDAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING SOSIAL ISLAM DALAM MENANGANI PERMASALAHAN INTERAKSI SOSIAL SANTRI SMP ISLAM TERPADU DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL BINA UMAT MOYUDAN)
1620310131_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING SOSIAL ISLAM DALAM MENANGANI PERMASALAHAN INTERAKSI SOSIAL SANTRI SMP ISLAM TERPADU DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL BINA UMAT MOYUDAN)
1620310131_ BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh interaksi sosial santri kelas VII dengan lingkungan sekitarnya yang buruk. Hal tersebut ditandai dengan sikap santri yang masih acuh tak acuh dengan temannya, kurang peduli, dan melanggar aturan pondok, Selain itu ada juga interaksi sosial yang buruk tersebut dikarenakan santri merasa rendah diri, sulit bergaul dengan temannya, dan merasa temannya tidak ada yang baik. Dalam hal ini ustadz-ustadzah harus siap untuk menjadi konselor atau guru BK dalam mendampingi penyelesaian masalah yang sedang dialami santri tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui bentuk-bentuk interaksi sosial santri SMP Islam Terpadu Bina Umat. 2) Mengetahui permasalahan yang muncul dalam proses interaksi sosial santri SMP Islam Terpadu Bina Umat. 3) Mengetahui metode bimbingan dan konseling sosial islam dalam menangani masalah yang muncul dalam interaksi sosial santri SMP Islam Terpadu Bina Umat. Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk field research bersifat kualitatif dan mengambil obyek penelitian di SMP IT Bina Umat Moyudan, Sleman. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk interaksi sosial SMP Islam Terpadu ada 2 bentuk, yaitu 1) proses asosiatif yang meliputi a) akomodasi, santri kelas VII sudah mampu beradaptasi dengan baik, b) asimililasi, santri kelas VII sudah mampu mengurangi ketegangan-ketegangan akibat masalah yang sedang dialami, dan c) akulturasi, santri kelas VII sudah bisa menerima kebudayaan antara teman yang satu dengan yang lainnya berbeda. 2) proses disosiatif, yaitu adanya persaingan antara santri yang satu dengan yang lainnya, dan adanya kontravensi santri melakukan penghasutan pada temannya. Permasalahan yang muncul dalam proses interaksi sosial adalah merasa rendah diri, merasa temannya tidak ada yang baik, sulit bergaul dengan teman, menarik diri dari teman-temannya, tidak mau bersikap terbuka, sering iri, sering benci, sering terjadi kesalahahaman, kesulitan mencari sahabat, gemar menunjukkan aib temannya, dan melanggar aturan pesantren. Metode bimbingan dan konseling sosial islam yaitu dengan secara langsung dan tidak langsung. Bimbingan dan konseling sosial islam langsung diberikan secara face to face untuk membantu menyelesaikan masalah santri, bimbingan dan konseling individu dilaksanakan ketika santri mengalami permasalahan pribadi santri itu sendiri seperti rendah diri, seringiri, sering benci, dan melanggar aturan pondok. Sedangkan bimbingan dan konseling kelompok dilakukan ketika santri mengalami masalah yang berkaitan dengan kelompoknya yaitu bertengkar dengan teman, dan terjadi kesalahpahaman antar teman. Bimbingan dan konseling sosial islam tidak langsung dilakukan tidak secara langsung yaitu dengan cara menempelkan kata-kata mutiara atau kata-kata motivasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Moemunah
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam, Interaksi Sosial, Santri SMP IT
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Dec 2019 14:03
Last Modified: 16 Dec 2019 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37009

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum