EVALUASI PROGRAM EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KOMUNIKATIF di Ma’had al-Jamiah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Muhamad Taridi, NIM. 093786 (2016) EVALUASI PROGRAM EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KOMUNIKATIF di Ma’had al-Jamiah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Doctoral thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KOMUNIKATIF di Ma’had al-Jamiah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
093786_BAB_1_IV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KOMUNIKATIF di Ma’had al-Jamiah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
093786_BAB_II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui :1) efektivitas komponen Konteks pelaksanaan program pembelajaran bahasa Inggris komunikatif di dalam kelas dan di luar kelas pada Ma’had al-Jamiah IAIN STS jambi, 2) efektivitas komponen Input pelaksanaan program pembelajaran bahasa Inggris komunikatif di dalam kelas dan di luar kelas pada Ma’had al-Jamiah IAIN STS jambi, 3) efektivitas komponen Proses pelaksanaan program pembelajaran bahasa Inggris komunikatif di dalam kelas dan di luar kelas pada Ma’had al-Jamiah IAIN STS jambi, 4) efektivitas komponen Produk pelaksanaan program pembelajaran bahasa Inggris komunikatif di dalam kelas dan di luar kelas pada Ma’had al-Jamiah IAIN STS jambi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluatif dengan mengadopsi model evaluasi CIPP yang dikembangkan Stufflebeam. Variabel Konteks diukur dengan instrument berupa daftar kuestioner Konteks, variable Input diukur dengan daftar kuestioner Input, variable Proses diukur dengan daftar kuestioner Proses, dan variebel Produk diukur dengan daftar kuestioner Produk serta data nilai akhir semester mahasiswa putri dari aspek keterampilan Listening, Speaking, Reading dan Writing. Sampel penelitian yang diambil untuk mengisi daftar kuestioner disebar kepada: 1) mahasiswa putri berjumlah 31 orang responden, dan 2) dosen/ustaz/ustazah berjumlah 7 orang responden. Teknik sampling yang digunakan adalah ClusterMulti Stage Random Sampling.Data berupa skor variable Konteks, Input, Proses, dan Produk selanjutnya dianalisis dengan cara: terlebih dahulu merubah Z-skor menjadi T-skor, kemudian untuk menentukan efektif atau tidak efektif, masing-masing variabel dikonversikan dengan menggunakan rumus Multivariat, dan terakhir diinterpretasikan ke dalam kriteria efektivitas kuadran Glickman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel Konteks pelaksanaan program pembelajaran bahasa Inggris komunikatif di dalam kelas positif (+), dan di luar kelas positif (+),(2) Variabel Input pelaksanaan program pembelajaran bahasa Inggris komunikatif di dalam kelas positif (+), dan di luar kelas positif (+), (3) Variabel Proses pelaksanaan program pembelajaran bahasa Inggris komunikatif di dalam kelas positif (+), dan di luar kelas positif (+),(4) Variabel Produk pelaksanaan program pembelajaran bahasa Inggris komunikatif di dalam kelas positif (+), namun di luar kelas negatif (–). Kemudian, hasil variabel produk yang dianalisis dari hasil ujian akhir semester; aspek listening adalah negatif (–), Speaking adalah positif (+), Reading adalah positif (+), dan Writing adalah positif (+). Dari hasil temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa hasil CIPP pembelajaran bahasa Inggris di dalam kelas adalah (++++), jika diinterpretasikan dalam kriteria efektivitas kuadran Glickman, Maka hasil penelitian berada pada kuadran I tergolong Sangat Efektif. Sementara, hasil CIPP pembelajaran bahasa Inggris di luar kelas adalah (+++ ̶), jika diinterpretasikan dalam kriteria efektivitas kuadran Glickman, Maka hasil penelitian berada pada kuadran II tergolong Efektif. Dengan demikian Ma’had al-Jamiah IAIN STS Jambi efektif melaksanakan Program Pembelajaran Bahasa Inggris Komunikatif. Sehingga implikasi praktisnya adalah kegiatankegiatan yang ada di Ma’had IAIN STS Jambi yang berkaitan dengan program pembelajaran bahasa Inggris komunikatif perlu disempurnakan baik dari segi konteks, input, proses, dan produk agar menghasilkan tamatan yang siap bersaing di pasar kerja dan terjun ketengah-tengah masyarakat.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, pembelajaran, bahasa Inggris
Subjects: Bahasa Inggris
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Study Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Dec 2019 08:22
Last Modified: 17 Dec 2019 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37018

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum