PENERAPAN SIX SIGMA PADA PROSES PRODUKSI WHEEL CHAIN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS (Studi Kasus: UPT LOGAM YOGYAKARTA)

Andhira Farizki Santoso, NIM. 15660039 (2019) PENERAPAN SIX SIGMA PADA PROSES PRODUKSI WHEEL CHAIN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS (Studi Kasus: UPT LOGAM YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN SIX SIGMA PADA PROSES PRODUKSI WHEEL CHAIN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS (Studi Kasus: UPT LOGAM YOGYAKARTA))
15660039_BAB I_IV-atau_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN SIX SIGMA PADA PROSES PRODUKSI WHEEL CHAIN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS (Studi Kasus: UPT LOGAM YOGYAKARTA))
15660039_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

UPT Logam Yogyakarta merupakan unit pelayanan teknis yang bergerak di bidang manufaktur dimana industri memfasilitasi pelaku industri kecil dan menengah (IKM). Objek yang dikaji pada penelitian ini adalah wheel chain, produk tersebut merupakan salah satu komponen mobil untuk merek Toyota dan Daihatsu. Berdasarkan penelitian saat trial production maret 2019 terjadi produk cacat sebanyak 11 unit dari 50 unit sampel wheel chain atau sebesar 22%, sedangkan standar kecacatan yang ditentukan adalah sebesar 5%. Permasalahan tersebut dipengaruhi oleh timbulnya lubang (hole) pada permukaan dalam dan banyaknya variasi ukuran setelah dilakukan machining yang dapat memungkinkan keluar dari batas toleransi dan menjadi produk cacat. Penelitian ini dengan melalui metode six sigma tujuannya dapat membantu mengendalikan kualitas yang akhirnya akan dapat meningkatkan produktifitas, dan untuk memperbaiki proses produksi yang difokuskan mengurangi variasi proses sekaligus mengurangi cacat, sedemikian sehingga dapat mencapai 3,4 DPMO. Dari pengolahan data diketahui peningkatan nilai sigma dari 3,482σ menjadi 3,852σ untuk Maret 2019 dan April 2019, namun adanya permasalahan produk belum dapat diproduksi secara stabil karena nilai Cp Cpk yang kecil dan banyaknya variasi ukuran. Dengan penerapan DMAIC diharapkan adanya peningkatan nilai sigma mendekati 6σ dan melakukan perbaikan terhadap permasalahan yang dianalisis berdasarkan pada Manusia, Mesin, Metode, dan Meterial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Trio Yonathan Teja Kusuma, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Wheel chain, Six sigma, DMAIC, Cp Cpk
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Dec 2019 08:38
Last Modified: 17 Dec 2019 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37021

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum